POPULER

Angkat Tema Ini. Dua Mahasiswa ISI Surakarta Juarai Lomba Desain Poster Edukatif Tingkat Nasional

Angkat Tema Ini. Dua Mahasiswa ISI Surakarta Juarai Lomba Desain Poster Edukatif Tingkat Nasional

Dua penghargaan berhasil diraih mahasiswa ISI Surakarta dalam ajang kompetisi CFHUGM2020

WARTAJOGLO, Solo - Sederet prestaai kembali ditorehkan oleh para mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Seni Indoneaia (ISI) Surakarta. Kali ini dua mahasiswanya berhasil meraih juara, di ajang Competition From Home Universitas Gadjah Mada 2020 (CFHUGM2020)

Adalah Wirantoni yang meraih Juara III dan Seful Muslimin meraih Juara Harapan I, dalam lomba Kategori Poster Edukatif itu. Dan penghargaan berupa sertifikat serta uang pembinaan pun didapat oleh keduanya. 

CFHUGM2020 sendiri diprakarsai Direktorat Kemahasiswaan Univeristas Gadjah Mada. Kompetusi ini diharapkan dapat mendorong masyarakat terutama mahasiswa dalam mengisi waktu luang. Meningkatkan serta menampilkan kreativitas, serta menjadi tetap produktif di masa genting ini.

Pada kali ini, tema yang diusung dalam CFHUGM2020 adalah “Berjuang Melawan COVID-19” dengan dorongan yang memberikan pemahaman, bahwa “It’s Not Social Distancing, Just Physical Distancing”.

BACA JUGA:

Dominasi Ajang SHC2020, Mahaaiswa ISI Surakarta Raih Dua Penghargaan

Dorongan ini memberi maksud bahwa mahasiswa tetap dapat produktif meski dalam kondisi harus melakukan aktivitas dari dalam rumah WFH (Work From Home).

Kompetisi prestisius inj diikuti seluruh perguruan tinggi se-Indonesia. Dan pada gelaran kemarin tercatat diikuti 6.286 peserta dari 567 perguruan tinggi se-Indonesia. Dengan kompetisi tingkat nasional dibagi menjadi empat kategori lomba, yakni video edukasi kreatif, foto inspirasi, poster edukasi dan video animasi.

Karya poster edukasi dua mahasiswa  yang masih duduk di semester II ini, menggunakan software Adobe illustrator dan Adobe Photoshop untuk finishing. Sedangkan untuk membuat sketsa awal secara manual. Dan ini meeupakan bagian dari tugas mata kuliah komputer grafis," ujar  Rendya Adi Kurniawan, S,Sn., M.Sn, dosen pembimbingnya.

Dam karyanya, Wirantoni mmebuat poster yang berjudul “Masih Nekat Mudik?“. Di dalamnya berisi pesan himbauan kepada masyarakat awam, untuk bekerjasama memutus rantai penyebaran wabah Covid-19,. Yang salah satunya dengan tidak bertindak egois apalagi apatis, terhadap situasi yang sedang terjadi. Dengan cara mengikuti arahan dari pemerintah, untuk tidak mudik/pulang kampung terlebih dahulu.

Selanjutnya karya Seful Muslimin dengan judul “Physical Distancing” menampilkan poster yang terinspirasi dari serial kartun Spongebob. Di mana Covid-19, bavaikan beruang laut.  Sehingga diperlukan tindakan, di mana kita harus membuat lingkaran (jarak aman), untuk menghindari wabah pandemik tersebut.

Sementara yang menjadi Juara I dalam ajang itu atas nama Alif Sholihin dari Unisversitas Negeri Sebelas Maret Surakarta. Sedangkan Juara II, atas nama Muhammad Fauzan Rizqullah dari Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Selanjutnya untuk Juara Harapan II atas nama I Gede Rangga Kusuma dari Institut Seni Indonesia, Denpasar dan Juara Harapan III atas nama Fannisa Yurianti.dari Universitas Pendididkan Indonesia, Bandung.

"Prestasi ini diharapkan bisa memacu mahasiswa untuk berkarya. Dan menerapkan materi perkuliahan ke dalam karya yang dikompetisikan. Sehingga kemampuan dalam menerima materi bisa diukur, dari sejauhmana bisa mengikuti kompetisi. Dan dibandingkan dengan kemampuan dari mahasiswa perguruan tinggi lainnya," jelas Asmoro Nurhadi Panindias, S,Sn., M.Sn, Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta.//bang


Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel