POPULER

Dominasi Ajang SHC 2020, Mahasiswa DKV ISI Surakarta Raih Dua Penghargaan

Dominasi Ajang SHC 2020, Mahasiswa DKV ISI Surakarta Raih Dua Penghargaan


Setelah melewati serangkaian seleksi ketat, akhirnya dua mahasiswa DKV FSRD ISI Surakarta berhasil membawa pulang dua gelar juara, di ajang SHC 2020 tingkat nasional

WARTAJOGLO, Solo - Kondisi krisis tak harus membuat prestasi menurun. Hal itulah yang ditunjukkan oleh dua mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Yang berhasil meraih juara di ajang Student at Home Challenge (SHC) 2020 tingkat nasional, di Instut Pertanian Bogor (IPB).

Keduanya adalah Muhammad Shafrizal F. M yang menjadi juara III lomba Visual Storytelling. Serta Fahmi Prastio Ginanjar yang meraih predikat The Best Teamwork antara desainer dengan penulis. Yang mana dia berkolaborasi dengan Welas Sri Mulyati dari IPB University.

BACA JUGA:

Adu Kreatifitas di Ajang Abhipraya Award 2019


Sedangkan untuk Juara I atas nama Nabila Disafiranti dari Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Dan Juara II atas nama M. Khalid Abdullah dari Universitas Jember.

Dalam lomba tersebut Muhammad Shafrizal menampilkan karya komik berjudul “(Jangan) Terpendam Dalam Pandemi". Komik ini bercerita tentang kehidupan keluarga yang berjualan sayur dan terkendala oleh wabah virus Corona. Komik ini diangkat dari cerita inpiratif karya  Siti Hajar dari IPB University.

BACA JUGA:

Ini Dia Torehan Prestasi Tim Animasi ISI Surakarta di Ajang GEMASTIK XI


Sedangkan Fahmi Prastio Ginanjar menampilkan karya yang berupa lima halaman komik dengan beberapa panel di dalamnya. Isi dari komik itu bercerita seputar keinginan seorang anak yang terlahir dengan kondisi tidak bisa mendengar dan berbicara. Namun dengan keterbatasannya, dia mempunyai keinginan untuk meraih cita-cita sebagai pelukis hebat. Cerita ini hasil tulisan dari mahasiswa peserta lomba Kisah Inspiratif, Welas Sri Mulyati dari IPB University.

Dari seleksi ketat terhadap 281 peserta, akhirnya tim juri memutuskan 20 finalis. Di mana 8 di antaranya adalah karya mahasiawa DKV FSRD ISI Surakarta. Sampai di puthsan akhir, kita berhasil meraih juara III lomba Visual Storytelling atas nama Muhammad Shafrizal. Serta The Best Teamwork atas nama Fahmi Prastio Ginanjar," jelas Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn, M.Sn, Kaprodi DKV FSRD ISI Surakarta dalam siaran pers yang diterima pada Jumat (24/4) sore.
Ajang SHC sendiri diselenggarakan oleh Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Center IPB University, yang berada di bawah Sub Direktorat Pengembangan Reputasi dan Prestasi Mahasiswa. Divisi ini berada di bawah Direktorat Kemahasiswaan dan Pengembangan Karir (DitmawaPK). Dan tema yang diangkat adalah “Living Inside, Thinking Outside”.

Dalam ajang lomba ini, para peserta dituntut menciptakan sebuah karga visual yang menarik. Yang didasarkan pada beberapa cerita hasil karya para penulis, di ajang lomba menulis Cerita Inspiratif di kalangan mahasiawa IPB.

Untuk karya para mahasiswa DKV FSRD ISI Surakarta, digunakan perpaduan berbagai teknik, baik manual maupun olah digital. Yang dikerjakan dengan bimbingan dua dosen mereka yakni Rendya Adi Kurniawan serta Basnendar Herry Prilosadoso.

"Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri, yang diharapkan dapat mengangkat nama prodi. Juga bisa memberi pertanggungjawaban kepada stakeholder, bahwa kinerja akademik khususnya prestasi mahasiswa dapat terlihat dan memuaskan. Selain itu juga diharapkan prestasi ini memacu kreativitas dan semangat berkompetisi secara positif antar mahasiswa baik di internal Program Studi Desain Komunikasi Visual. Maupun dengan mahasiswa di lain prodi dan fakultas di lingkungan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta," pungkas Asmoro. //bang

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel