POPULER

Menyiapkan SDM Perhotelan Berkualitas dengan Program Pemagangan di Favehotel Solo

Menyiapkan SDM Perhotelan Berkualitas dengan Program Pemagangan di Favehotel Solo


Serangkaian materi diberikan untuk membekali para peserta magang, agar menjadi SDM handal di dunia perhotelan 

WARTAJOGLO, Solo - Industri perhotelan merupakan salah satu industri yang cukup menggiurkan. Hal ini terlihat di mana dari waktu ke waktu jumlah hotel berbintang terus mengalami penambahan. Terutama di Kota Solo. 

Karena itulah, dalam rangka mempersiapkan SDM yang terampil di industri perhotelan. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja mengadakan program pemagangan dalam negeri. Di mana untuk kegiatan ini bekerjasama dengan Favehotel Solo (Manahan Solo dan Solo Baru). Yang menjadi salah satu trendsetter hotel berbintang di Kota Solo. 

Favehotel Solo sendiri merupakan hotel pertama di Kota Solo dan Sukoharjo, yang ditunjuk sebagai lokasi untuk pengadaan program pemagangan dalam negeri. Yang mana kegiatan ini bertujuan menjawab tantangan SDM di dunia perhotelan, di masa yang akan datang. 

Hal ini disampaikan oleh Ika Florentina, selaku Cluster General Manager Favehotel Solo. Yang mana menurutnya program ini akan mempersiapakan dan menciptakan SDM yang unggul di bidang Sales & Marketing serta Housekeeping. 

"Dengan kegiatan ini akan terbentuk SDM yang unggul di bidang Sales & Marketing dan Housekeeping. Sehingga mereka sudah memiliki bekal bagaimana bekerja di dunia perhotelan. Dan kami akan membantu dalam proses penyaluran tenaga kerja yang terampil ke beberapa hotel," jelas Ika. 

Program pemagangan dalam negeri ini akan dilaksanakan selama 5 bulan, yaitu mulai dari bulan juni 2020 – November 2020. Proses pendaftaran program pemagangan dalam negeri dibuka pada 5 – 15 Mei 2020 dan proses seleksi dilakukan pada tanggal 16 – 30 Mei 2020.

Sambutan positif pun diberikan masyarakat terhadap kegiatan ini. Di mana ada banyak yang mendaftar untuk mengikuti program pemagangan tersebut.

Pada tanggal 2 – 3 Juni 2020, program pemagangan dimulai dengan mengadakan Hospitality Learning Program, di Favehotel Manahan Solo. Dalam acara tersebut hadir  Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas Dinasker Propinsi Jawa Tengah, Subianto.

"Selama dua hari, para peserta diberikan pelatihan mengenai table manner, motivasi, hotel tour serta menginap selama satu malam di Favehotel Manahan Solo," lanjut Ika. 

Dari kegiatan ini, banyak manfaat yang diperoleh oleh peserta pemagangan. Yakni mendapatkan kesempatan untuk menerima pelatihan. Yang mana bukan hanya mengasah ketrampilan yang sesuai dengan kebutuhan di dunia industri, tetapi mereka juga mendapatkan secara langsung pelatihan di tempat kerja secara technical. Serta ketrampilan kerja yang dapat meningkatkan kinerja peserta magang.

Pemagangan selama 5 bulan, akan dibagi di mana satu minggu pertama mereka akan belajar secara teori/materi. Setelah itu, sisa bulan mereka akan langsung melaksanakan praktek magang yang didampingi oleh supervisi. Di sini mereka juga mendapatkan benefit lainnya yaitu uang saku, asuransi, seragam serta penempatan kerja.//lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close