POPULER

Pernikahan <i>Virtual</i>. Solusi Baru di Era <i>New Normal</i>

Pernikahan Virtual. Solusi Baru di Era New Normal


Dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, pernikahan virtual bisa jadi solusi bagi yang mau menikah di era new normal

WARTAJOGLO, Solo - Berbagai inovasi dilakukan untuk menyiasati keterpurukan di tengah pandemi Corona. Terutama di dunia perbotelan yang dalam beberapa bulan terakhir, merasakan imbas yang luar biasa. Di mana tingkat okupansi turun drastis, hingga memicu penghentian operasi di beberapa hotel. 

Hal itu juga yang terjadi di salah satu hotel ternama di Kota Surakarta, yakni The Sunan Hotel. Yang terpaksa harus menjalankan serangkaian strategi, untuk melakukan penghematan. 

Tak ingin terus terpuruk dengan keadaan. Di tengah penerapan tatanan new normal, hotel yang berada di kawasan Kerten, Kota Surakarta ini mengenalkan sebuah program baru. Yaitu virtual wedding atau pernikahan virtual. 

Diklaim sebagai yang pertama di Kota Solo. Sepintas istilah virtual wedding akan memunculkan tanda tanya. Karena kata virtual akan berkonotasi dengan sesuatu yang tidak nyata. Sehingga akan terbayang bahwa pernikahan virtual ini adalah pernikahan dengan pasangan yang tidak nyata. 

BACA JUGA:

Mudahnya Menikah Sirri di Kota Solo

Namun kenyataannya tidak demikian. Sebab yang dimaksud pernikahan virtual di sini lebih pada penyelenggaraan proaesi pernikahan yang tidak melibatkan banyak orang. Dalam hal ini tamu undangan. 

Pasangan pengantin menjalani prosesi virtual wedding di The Sunan Hotel Solo 
"Pernikahan virtual sebenarnya lebih pada penyelenggaraan prosesi yang hanya dihadiri keluarga. Karena ada ketentuan physical distancing yang membatasi kerumunan tidak boleh lebih dari 30 orang. Sedangkan untuk tamu undangan, akan kita fasilitasi dengan menggunakan video conference melalui aplikasi Zoom, live di Youtube maupun FB. Dengan begitu para undangan tetap bisa menyaksikan seluruh rangkaian prosesi dengan lengkap," jelas Retno Wulandari, General Manager The Sunan Hotel Solo,dalam acara simulasi Virtual Wedding, Rabu (24/6) siang. 

Retno sendiri menyadari bahwa dalam prosesi pernikahan yang dibutuhkan bukan hanya sebatas menyaksikan jalannya acara. Lebih dari itu adalah adanya interaksi langsung dengan sang mempelai. 

Karena itulah, dengan fasilitas video conference ini diharapkan interaksi bisa tetap terjalin. Sebab para undangan bisa memberikan ucapan selamat secara langsung kepada mempelai. Dan yang tak kalah menarik, para undangan juga bisa menikmati hidangan pesta yang diantarkan secara langsung ke rumah mereka, lengkap dengan souvenir yang disertakan. Sehingga mereka benar-benar bisa merasakan suasana pesta yang digelar. 

"Meski terbatas, tapi interaksi tetap bisa terjalin lewat video conference. Para undangan bisa mengucapkan selamat, atau mungkin menyapa undangan yang lain. Dan hidangan dari pesta itu kita kirim langsung ke rumah masing-masing, termasuk souvenir pernikahannya," sambung Retno. 

Penerapan protokol kesehatan secara ketat memang diberlakukan oleh pihak The Sunan Hotel Solo. Hal ini untuk memastikan terputusnya rantai penularan Covid-19. Karena itulah, sejak dari pintu masuk sudah dilakukan pengecekan suhu badan. 

Hal yang sama juga dilakukan lagi saat akan maauk ke lobby, sembari disediakan tempat cuci tangan serta hand sanitizer. Dengan begitu setiap tamu yang masuk ke hotel diharapkan benar-benar dalam kondisi sehat dan bersih. 

Demikian juga dengan program virtual wedding. Di meja registrasi tamu juga dilakukan penerapan protokol kesehatan. Selain pengecekan suhu serta pemberian hand sanitizer. Proses registrasi menggunakan sistem digital dengan scan barcode undangan. Sehingga meminimalisir sentuhan tangan. 

Selanjutnya di dalam ruangan prosesi, kursi tamu juga dibuat berjarak. Dan para tamu diberikan masker serta sarung tangan. Dengan begitu akan mengurangi resiko penularan virus, seandainya ada salah satu tamu yang terinfeksi. 

"Program ini adalah bagian dari penerapan tatanan new normal. Sehingga seluruh rangkaian yang ada kita pastikan benar-benar sesuai dengan protokol yang ditetapkan," pungkas Retno yang mendampingi wakil Walikota Surakarta Achmad Purnomo. Yang hadir sebagai tamu istimewa untuk memastikan penerapan protokol yang tepat, dalam pelaksanaan program virtual wedding itu. //bang

Video Terkait:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel