POPULER

Mahasiswa UNS Raih Juara 3 Lomba Poster Ilmiah

Mahasiswa UNS Raih Juara 3 Lomba Poster Ilmiah

 


WARTAJOGLO, Solo - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menorehkan prestasi pada ajang Universitas Sumatera Utara (USU) Games pada kategori Lomba Poster Ilmiah Tingkat Nasional. Tim UNS terdiri dari Nugroho Hasan dari Program Studi (Prodi) Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian 2018, Yokanang Chandra Arfiansyah dari Prodi Pendidikan IPA 2018 dan Syifa Afanin Azzah Ciptasari dari Prodi Psikologi 2018. 
 
Dalam lomba yang dilaksanakan secara daring tersebut, mereka berhasil meraih juara 3. Syifa mengatakan, perlombaan ini dibagi menjadi 2 tahap, yaitu tahap penyisihan dan final. Pada babak penyisihan, karya yang mereka kirim diseleksi oleh juri untuk menentukan 10 poster dengan nilai tertinggi. Selanjutnya, pada babak final merupakan ajang presentasi poster ilmiah yang masuk ke dalam 10 besar.

Poster yang dibuat oleh Syifa dan teman-temannya, mengusung judul Sekolah Mandiri Obat : Penguatan Identitas Sekolah Adiwiyata melalui Sekolah Mandiri Obat pada Palang Merah Remaja SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Syifa menjelaskan bahwa pada poster yang mereka garap, merujuk pada olahan Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang kaya akan manfaat.
 
“Di poster ini, mengangkat tentang olahan Toga yang terkenal dapat menjaga daya tahan tubuh dan memperkuat sistem imun. Dengan olahan toga yang dapat dibuat secara sederhana di rumah masing-masing, orang dengan mudah membuatnya, meminumnya, sehingga kondisi tubuh dan imunnya terjaga. Oleh karena itu, kami berusaha mengajak generasi muda untuk belajar bagaimana menanam, merawat, mengolah dan ikut mensosialisasikan pentingnya menjaga daya tahan tubuh yang dapat dilakukan melalui olahan Toga,” jelas Syifa Sabtu (26/12).

Di bawah Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc., poster yang memakan durasi 1 pekan untuk waktu pembuatan, berhasil dinyatakan sebagai juara 3 pada Sabtu (19/12/2020). Karya yang mereka buat merupakan tindak lanjut dari kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah mereka ikuti.
 
“Kami berangkat dari rencana tindak lanjut kami setelah melaksanakan PKM yang Alhamdulillah didanai Belmawa Dikti, namun Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) tidak memanggil kami untuk masuk di dalamnya, maka program PKM yang telah kami jalankan menjadi inspirasi terciptanya karya untuk lomba ini,” terang Syifa.

Ketika lomba, Syifa dan teman-temannya sempat salah paham mengenai tenggat waktu pengumpulan poster.
 
“Sempat terkecoh pada deadline pengumpulan karya yang kami kira pukul 23.59 ternyata pukul 20.00. Hal itu membuat kami terburu-terburu. Akan tetapi, setelah mengetahui cukup waktu, kami bekerja sama untuk menyelesaikan karya dengan tepat waktu dan Alhamdulillah bisa mengumpulkan pada waktu yang tepat dan maksimal,” jelas Syifa.

Kedepannya, Syifa dan teman-temannya berharap dapat terus berkarya dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar maupun secara luas.
 
“Semoga setelah lomba ini, kami bisa terus berkarya dan berbakti untuk negeri dengan menebar kebermanfaatan dan kebaikan untuk lingkungan sekitar atau lingkungan masyarakat secara luas,” tutup Syifa. //Lis

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel