POPULER

Poster Karya Mahasiswa ISI Surakarta Raih Juara Pertama Peksiminas XV 2020

Poster Karya Mahasiswa ISI Surakarta Raih Juara Pertama Peksiminas XV 2020

Putra Akbar Wahyu Hidayat dengan latar belakang karyanya yang menjuarai PEKSIMINAS XV 2020

WARTAJOGLO, Solo - Raihan prestasi membanggakan ditorehkan Putra Akbar Wahyu Hidayat, dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XV 2020. Mahasiswa Prodi DKV Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta ini meraih juara pertama dalam ajang bergengsi antar mahasiswa se Indonesia itu, pada Minggu (29/11) malam. Dalam acara Malam Apresiasi dan Penghargaan PEKSIMINAS XV 2020.

PEKSIMINAS merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni. Kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni. Baik seni suara, seni pertunjukan, seni sastra, maupun seni rupa. 

Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa mampu meningkatkan dan mengembangkan prestasi dan kreasi seninya, untuk memperkaya budaya bangsa berdasarkan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam PEKSIMINAS XV Tahun 2020 ini ada 15 (Lima Belas) tangkai seni yang diperlombakan yaitu Seni tari, Vokal Grup, Nyanyi Pop, Keroncong, Seriosa, Dangdut, Baca Puisi, Monolog, Seni Lukis, Desain Poster, Fotografi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Penulisan Puisi, dan Komik Strip.

Dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun ini PEKSIMINAS digelar secara daring. Di mana para peserta mengirimkan hasil karya mereka, untuk kemudian dinilai. 

Putra Akbar Wahyu Hidayat sendiri meraih juara pertama dengan karya berjudul 'Hadirkan Semesta di Depan Mata'. Karya tersebut merupakan promosi keindahan semesta (pariwisata Indonesia), yang dapat dinikmati seolah di depan mata dengan teknologi. Hal ini digambarkan dengan berbagai macam ikon kota di Indonesia, contohnya seperti Monas di Jakarta, Gate of Heaven di Bali, Ikan Hiu paus yang biasa di temukan di perairan Gorontalo dan sebagainya.

Mahasiswa angkatan tahun 2019 ini memaparkan bahwa dalam posternya divisualisasikan seorang anak laki-laki yang meluncur dan terbang dari sebuah pintu. Anak laki-laki ini memakai kacamata Virtual Reality atau disebut kacamata VR. Kacamata VR ini adalah salah satu teknologi dalam memvisualisasikan gambar menjadi lebih nyata. 

"Maksud anak laki-laki tersebut menggunakan VR dikarenakan VR ini salah satu teknologi baru dan sebuah trobosan  dalam mempromosikan pariwisata di Indonesia. Selain adanya kacamata VR ini juga terdapat tampilan website yang digambarkan seperti kertas terbang, maksud dari website terbang ini adalah kemudahan para wisatawan dalam mengakses serta mencari tahu informasi dari wisata yang akan mereka kunjungi .Warna yang digunakan dalam poster ini adalah warna-warna cerah agar memberikan kesan bahagia dan ceria. Poster ini merupakan gambaran dari cara memperkenalkan potensi wisata di Indonesia dalam menghadapi era industri 5.0," jelas Putra Akbar Wahyu Hidayat dalam keterangan tertulisnya pada Jumat (4/12) pagi.

Selain capaian Putra Akbar Wahyu Hidayat, ISI Surakarta juga meraih juara ketiga pada tangkai lomba Seni Tari lewat karya Aditiar Anggit Wicaksono, mahasiswa Prodi Seni Tari FSP yang berjudul “Awak Senggak”.

"Dalam mengikuti kompetisi, para mahasiswa diberikan pembekalan dan pembimbingan secara intensif berupa aspek layout, pesan, visual, kontent dan aspek lainnya dalam merancang sebuah desain poster. Prestasi ini sangat membanggakan dikarenakan dalam kondisi WFH dan perkuliahan daring, mahasiswa masih punya semangat untuk berkarya dan berprestasi, walau di masa pandemi." ungkap Asmoro Nurhadi Panindias, Kaprodi Desain Komunikasi Visual (DKV) ISI Surakarta. //bang

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel