POPULER

Puspo Wardoyo Ungkap Kunci Sukses Membuka Bisnis di Arab Saudi

Puspo Wardoyo Ungkap Kunci Sukses Membuka Bisnis di Arab Saudi

Puspo Wardoyo saat jadi pembicara di webinar Muslimpreneurship

WARTAJOGLO, Solo - Penerapan strategi bisnis yang unik, berhasil membawa Wong Solo Group menjadi salah satu perusahaan kuliner yang sukses di Indonesia. Perkembangan bisnis perusahaan milik H. Puspo Wardoyo inipun terbilang sangat pesat. Sehingga saat ini dia sudah memiliki ratusan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri.

Penegakan syariat Islam yang ketat dalam manajemen bisnisnya, diakui sebagai kunci sukses Puspo Wardoyo. Bahkan dengan penerapan syariat ini pula, dia menargetkan untuk selalu menyedekahkan 30% dari keuntungan bisnisnya. Karena baginya itu adalah bagian dari orang lain yang tidak mampu.

Hal ini terungkap saat Puspo Wardoyo didapuk sebagai salah satu pembicara dalam webinar Revolusi Berwirausaha ‘Muslimpreneurship’, Senin (14/12) siang. Yang menjadi rangkaian dari National Road Show IFBC Expo 2020. Sebuah ajang pengembangan bisnis yang mempertemukan para pelaku usaha dan para investor. Yang bertujuan untuk memberikan kontribusi pemulihan ekonomi.

Selain Puspo Wardoyo, dalam webinar itu dihadirkan pula CEO Gaido Grup Muhammad Hasan serta Erwansyah, Atase Perdagangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh. Dan Puspo Wardoyo dipilih karena kesuksesannya menembus pasar Arab Saudi, hingga memiliki beberapa outlet di sana. Sementara Gaido selama ini dikenal sebagai perusahaan travel yang melayani perjalanan umrah.

Webinar Muslimpreneurship dalam rangkaian IFBC 2020
Puspo Wardoyo pun bercerita betapa sulitnya untuk bisa menembus pasar Arab Saudi. Sebab serangkaian persyaratan berat diterapkan oleh pemerintah di sana. Sehingga butuh proses panjang untuk bisa benar-benar menjalankan bisnis di negeri itu.

“Saya butuh waktu setidaknya 10 tahun hingga akhirnya bisa mendirikan outlet di sana. Salah satu jalannya ya harus bermitra dengan orang sana. Selain itu tidak bisa. Karena itu sulit untuk benar-benar murni berinvestasi, tanpa melibatkan mitra. Padahal bukan tidak mungkin saat kita salah pilih, justru kerugian yang kita alami. Sebab saya sudah pernah mengalami, yang nilainya kalau dirupiahkan bisa beberapa miliar. Tapi dari situ saya bisa dapat pengalaman dan belajar. Hingga akhirnya bisa menemukan mitra yang tepat dan sukses,” ungkap Puspo Wardoyo kepada para awak media usai webinar.

Di webinar sendiri Puspo Wardoyo lebih banyak bercerita terkait pengalamannya mengembangkan produk MakanKu yang berhasil memenangkan tender untuk penyediaan konsumsi bagi jamaah haji dan umrah. Produk makanan dalam kemasan inovatif itu sendiri ulasannya bisa dibaca dengan jelas di website www.makanku.co.id.

Produk ini menjadi andalan karena selain praktis dan berteknologi tinggi, juga mengangkat kekayaan kuliner nusantara. Di mana ratusan menu khas nusantara, akan diwujudkan dalam produk andalan Wong Solo Group ini.

“Dengan menu khas nusantara ini, maka MakanKu bisa dengan mudah diterima oleh para jamaah yang berasal dari Indonesia dan Asia. Dan tentunya dengan produk ini, penyediaan konsumsi akan lebih mudah dan praktis,” jelas Puspo Wardoyo.

Sementara di akhir pembicaraan Puspo Wardoyo kembali membagi tips sukses dalam bisnis. Yang mana selalu dititik beratkan pada konsistensi dalam memilih jalan. Sebab saat seseorang sudah fokus di satu jalan tertentu dan dijalankan dengan sungguh-sungguh, maka kesuksesan akan dengan mudah diraih.

“Berbisnis itu yang penting sesuaikan dengan bakat. Lalu fokus di situ dan jangan berganti-ganti. Insya Allah pasti sukses. Tapi jangan lupa, kalau sudah sukses, sedekah. Dengan sedekah maka Allah akan selalu menambah rejeki kita,” pungkasnya. //sik

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel