POPULER

WOW..!! Cukup Sediakan Rokok Klobot. Bisa Bawa Pulang Tuyul dari Tempat Ini

WOW..!! Cukup Sediakan Rokok Klobot. Bisa Bawa Pulang Tuyul dari Tempat Ini

Syarat yang mudah untuk mendapatkan jasa mahluk tuyul, membuat Punden Serut Intuk menjadi salah satu jujugan baru para pencari pesugihan.

WARTAJOGLO, Klaten - Siang itu salah satu ruas jalan Dusun Klancingan, Desa Sekaran, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tampak sepi. Matahari yang bersinar begitu terik di antara gumpalan mendung, membuat udara terasa begitu gerah. Dan agaknya hal inilah yang menyebabkan warga di desa ini enggan keluar rumah.

Namun lepas dari itu, jalanan yang menghubungkan antara komplek pemukiman penduduk dengan hamparan lahan persawahan ini, memang hampir selalu sepi. Jarang ada warga yang berani diam berlama-lama di sekitar tempat itu. Meski suasana di sana bisa dikatakan sangat nyaman, karena banyak dikelilingi pepohonan besar yang menebar udara sejuk.

Semua tentu tak lepas dari keberadaan punden desa di tempat ini, yang menyatu dengan komplek pemakaman warga. Sehingga nuansa mistis di tempat ini selalu terasa, saat mencoba melewatinya.

Ki Ageng Klancingan, demikian nama tokoh yang menjadi pepunden di desa ini. Namun bagaimana sejarah tokoh ini, tidak ada warga yang bisa menjelaskan dengan pasti. Umumnya warga hanya tahu kalau Ki Ageng Klancingan adalah orang yang membuka wilayah Dusun Klancingan. Sehingga kemudian makamnya dikeramatan oleh warga dan dijadikan pepunden desa.

Makam ini menyatu dengan komplek pemakaman warga yang lainnya. Hanya saja sebuah bangunan kecil beratap genting menjadikannya agak berbeda. Tak hanya itu, saat melihat ke bagian dalam, pusara Ki Ageng Klancingan juga tampak berbeda. Tak ada batu nisan di atas pusara ini. Yang terlihat hanyalah hamparan pasir halus yang menutup bagian atas pusara itu.

Sebuah pecahan genting dengan bekas sisa abu pembakaran dupa, tampak teronggok di salah satu ujung pusara. Hal ini menunjukkan bahwa makam ini kerap didatangi orang untuk melakukan ritual. Apalagi dari kabar yang beredar, komplek makam Ki Ageng Klancingan memang dikenal sebagai salah satu tempat untuk mencari pesugihan.

Gudang Tuyul


Ya, meski hampir tidak ada warga yang berani berlama-lama di tempat ini, namun komplek makam Ki Ageng Klancingan justru banyak didatangi para pencari pesugihan. Tak hanya datang dari wilayah Surakarta dan sekitarnya saja, bahkan banyak di antara mereka yang berasal dari kota-kota lain, termasuk luar Pulau Jawa. Ini karena, konon keampuhan pesugihan di tempat ini justru lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang ada di tempat lain.

Halaman:

| 1 | 2 | Halaman berikutnya



Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel