POPULER

KKN Kebangsaan Sebagai Ajang Mahasiswa Indonesia untuk Bersinergi dan Membangun Bangsa di Tatanan Kehidupan Baru Paska Pandemi

KKN Kebangsaan Sebagai Ajang Mahasiswa Indonesia untuk Bersinergi dan Membangun Bangsa di Tatanan Kehidupan Baru Paska Pandemi

Kuliah Kerja Nyata (KKN) bermula dari kesadaran bahwa mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan dapat memanfaatkan sebagian waktu belajarnya, untuk membantu memecahkan masalah dan melaksanakan pembangunan di dalam kehidupan masyarakat. Sekaligus menjadikan ajang pembelajaran bermasyarakat secara berkelompok dengan mahasiswa dari berbagai bidang ilmu. 

Begitu juga dengan program yang dinamai KKN-Kebangsaan. Yang merupakan program dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti bekerjasama dengan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI). Dengan melibatkan semua perguruan tinggi negeri di tanah air, dan beberapa perguruan tinggi swasta yang berminat dan memenuhi kriteria sebagai perguruan tinggi peserta KKN Kebangsaan. Di mana kegiatan ini merupakan perwujudan dari konsep tridarma perguruan tinggi. Karena memadukan antara dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sekaligus dalam satu kegiatan. 

Tahun ini sebagai tuan rumah kegiatan Kuliah Kerja Nyata Kebangsaan dan Kuliah Kerja Nyata Bersama Provinsi Jambi Tahun 2021 dengan sebagai penyelenggara dari Universitas Jambi.

Dalam kegiatan KKN, mahasiswa belajar mengaitkan antara dunia akademik teoritik dengan dunia empirik-praktis, bagi pemecahan permasalahan masyarakat. Tujuannya agar masyarakat mampu memberdayakan dirinya untuk menolong diri mereka sendiri (to help people to help themselves). Dan lebih mengedepankan aspek kebangsaan serta rasa cinta tanah air, melalui pengalaman belajar di lingkungan masyarakat, dengan menghubungkan konsep-konsep akademis melalui realita kehidupan yang ada di masyarakat. 

Program ini merefleksikan pengetahuan teori yang disinergikan dengan pengalaman di lapangan. Serta mampu mematangkan kepribadian mahasiswa dan menumbuhkan rasa percaya diri dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. 

Beberapa perguruan tinggi, KKN merupakan bagian integral dari kurikulum program Strata Satu (S1) yang mengintegrasikan pengalaman belajar mahasiswa dengan realitas kehidupan di masyarakat. Program ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat mengembangkan soft skill, mematangkan kepribadian guna menumbuhkan jiwa kebangsaan, serta rasa percaya diri dalam mempersiapkan diri menghadapi realitas kehidupan sosial kemasyarakatan. 

Dengan demikian, setiap kegiatan program KKN, dijiwai oleh semangat kerja dan kebersamaan dengan masyarakat, serta para pemangku kepentingan lainnya. Guna membantu menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang dihadapi oleh masyarakat. 

Program dari Menristekdikti dalam kegiatan KKN Kebangsaan yang pelaksanaan kegiataan akan berlangsung pada bulan Juli - Agustus 2021 ini memiliki posisi yang strategis. Selain untuk mencapai tujuan dan sasaran KKN seperti umumnya. Sebab program unggulan ini memiliki misi khusus untuk merajut persatuan dan kesatuan NKRI, dengan diikuti oleh utusan terbaik dari perguruan tinggi dari seluruh tanah air.

Kegiatan KKN bukan sekedar sebagai aktivitas pengabdian dan menerapkan ilmu pengetahuan teknologi di tengah masyarakat saja. Akan tetapi dikembangkan sebagai media efektif bagi mahasiswa, untuk melakukan proses pembekalan diri dalam membantu memberdayakan masyarakat, dan termasuk berbagai institusinya. 

Oleh sebab itu, rangkaian program KKN harus disusun secara terencana, terstruktur, bertahap, serta dirancang dan dipersiapkan secara matang. Agar mampu melahirkan perubahan-perubahan positif dan berkelanjutan dalam penyelesaian masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat. 

KKN Kebangsaan yang dalam pelaksanaannya mematuhi protokol kesehatan Covid-19 ini juga menjadi wadah komunikasi, pertukaran ide serta jejaring awal bagi mahasiswa se-tanah air, dalam mempersiapkan dan mematangkan diri sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan mahasiswa dan mengenal tanah air Indonesia secara utuh, serta siap mengabdikan ilmu  pengetahuan dan teknologi kepada bangsa dan negara.

Sesuai dengan salah satu tujuan kegiatan nasional ini. Yakni untuk memperkokoh semangat nasionalisme, rasa kebangsaan dan menjadi ajang perekat dan persaudaraan antar mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Di mana pada saat ini masyarakat sedang mengalami menurunnya rasa nasionalisme, mudah terpecah, dan terprovokasi akan ujaran kebencian khususnya melalui media sosial. Maka melalui KKN-Kebangsaan ini sebagai upaya solutif kepada mahasiswa, untuk lebih meningkatkan rasa kebangsaan, persatuan, dan kesatuan sebagai anak bangsa, dalam membangun bangsa Indonesia untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.


Oleh: Nailul Khoiriyah

Mahasiswa Semester VI Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dan Peserta Seleksi KKN Kebangsaan 2021

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel