POPULER

Berharap Kebangkitan Pariwisata Sukoharjo pada Masata

Berharap Kebangkitan Pariwisata Sukoharjo pada Masata

WARTAJOGLO, Sukoharjo - Pariwisata menjadi salah satu potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sukoharjo. Karena itulah dukungan dari berbagai pihak dibutuhkan untuk bisa membangkitkan potensi tersebut, sehingga bisa memberi manfaat lebih pada masyarakat.

Hal inilah yang diharapkan pada acara pelantikan pengurus Masata (Masyarakat Sadar Wisata) DPC Kabupaten Sukoharjo, pada Sabtu (21/8) siang di sebuah hotel berbintang di kawasan Solo Baru.

Ketua Masata Sukoharjo Haris Nurhadi menjelaskan bahwa Masata peduli akan Pariwisata Indonesia dan mempunyai peran sangat strategis dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tergabung dalam anggota perkumpulan, dan mendukung kehidupan ekonomi khususnya untuk kegiatan kepariwisataan. Serta menunjang pembangunan Pariwisata di wilayah Sukoharjo.

Jajaran pengurus Masata Sukoharjo
Jajaran pengurus Masata Sukoharjo

"Keberadaan Masata ini pada prinsipnya akan berusaha memberikan kontribusi nyata untuk mendukung pariwisata menjadi penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia. Lalu memajukan pariwisata berbasis masyarakat dalam peningkatan harkat, martabat, dan ekonomi. Khususnya daerah tujuan wisata di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota," jelas Haris saat menjawab pertanyaan awak media.

Selain itu Haris juga menambahkan bahwa Masata juga berupaya membangun desa, kawasan, dan destinasi wisata dalam peningkatan ekonomi kreatif masyarakat. Lalu menyambung kepentingan kementerian dan lembaga antar pusat dengan di daerah khususnya dalam bidang pariwisata serta ekonomi kreatif. Dan juga membangun sinergitas dan kolaborasi antar asosiasi/organisasi/perkumpulan pariwisata di tingkat pusat dan daerah.

"Karena itulah ada tugas berat di pundak para pengurus dan anggota untuk bisa mewujudkan visi dan misi Masata, agar potensi pariwisata di Kabupaten Sukoharjo bisa berkembang. Untuk itu jalinan sinergitas antar lembaga sangat dibutuhkan untuk menunjang terwujudnya visi dan misi itu," lanjutnya.

Untuk itu lanjut Haris, akan banyak hal yang akan dilakukan oleh Masata ke depannya. Yang tujuan utamanya untuk semakin mengenalkan potensi pariwisata Kabupaten Sukoharjo ke masyarakat luas.

"Tentu ke depannya kita akan berusaha mengajak berbagai pihak untuk datang ke Sukoharjo, lalu kita bantu memasarkan produk-produk kreatif dari masyarakat. Sehingga kebangkitan ekonomi mayarakat dari sektor wisata benar-benar bisa diwujudkan," tandasnya. //Lis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel