POPULER

Ikuti Adobe Certified Profesional, DKV ISI Surakarta Siap Tingkatkan Kompetensi Standar Internasional

Ikuti Adobe Certified Profesional, DKV ISI Surakarta Siap Tingkatkan Kompetensi Standar Internasional

WARTAJOGLO, Solo - Adobe Certified Professional (ACP) merupakan sebuah sertifikasi yang diakui oleh industri untuk memvalidasi kemahiran dalam software Adobe Creative Cloud serta keterampilan media digital dasar. Karena itu ACP menjadi salah satu sertifikasi yang mendukung peningkatan kapasitas dan kapabilitas mahasiswa dan dosen DKV ISI Surakarta.

Diselenggarakan oleh Telkom University Bandung, kegiatan Sertifikasi Kompetensi bertujuan meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan yang relevan antara proses pembelajaran di kampus dengan dunia industri. Sehingga terjadi link and match antara perguruan tinggi dengan dunia industri. 

Tingkatkan Kompetensi Standar Internasional, DKV ISI Surakarta Ikuti Adobe Certified Profesional

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas, maka sejumlah mahasiswa dan dosen di Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta mengikuti sertifikasi tersebut yang diselenggarakan secara online.

Ujian sertifikasi ini akan menguji kemampuan menggunakan software Adobe Creative Cloud hanya dalam waktu 50 menit. Tetapi sebelumnya, akan diberi pelatihan selama 40 jam dalam bentuk pertemuan tatap layar dengan tugas, skenario realistis, dan pertanyaan interaktif. Sertifikasi ini juga akan menguji kemampuan dalam menerapkan prinsip-prinsip desain dan manajemen proyek dasar.

Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mengirimkan 16 peserta yang terdiri dari 12 mahasiswa dan 4 dosen agar kemampuan di bidang digital imaging meningkat. Rincian bidang yang diikuti, yaitu Adobe Photoshop sejumlah 7 (tujuh) peserta, Adobe Illustrator sejumlah 7 (tujuh) peserta, sedangkan untuk Adobe Premier dengan peserta 2 (dua) peserta.

Pelatihan dan ujian sertifikasi dilaksanakan secara daring mulai 23 Agustus - 4 September 2021 terbagi dalam 2 (dua) kelompok yaitu Adobe Certified Professional in Visual Design dengan software Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator serta Adobe Certified Professional in Video Design dengan software Adobe Premier dan Adobe After Effects.

Sertifikasi ini berstandar internasional dengan pemateri dari Adobe Education, sehingga dapat dilampirkan sebagai pendamping ijazah ketika lulus dan melamar kerja serta berkesempatan mengikuti ACA World Championship.

"Keikutsertaan dalam ujian sertifikasi juga bertujuan menjalin jejaring dengan perguruan tinggi lainnya dan stake holder. Agar pengembangan bidang ilmu desain komunikasi visual dan yang terkait bidang lainnya bisa ditingkatkan," Ujar Asmoro Nurhadi Panindias, Kaprodi DKV ISI Surakarta. //Ril

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel