POPULER

Didahului Suara Gemuruh, Tebing Longsor Langsung Timbun Rumah Warga di Wonogiri

Didahului Suara Gemuruh, Tebing Longsor Langsung Timbun Rumah Warga di Wonogiri

WARTAJOGLO, Wonogiri - Slamet tak menyangka kalau suara gemuruh yang didengarnya pada Selasa (23/11) pagi itu menjadi awal dari bencana baginya. Sebab sesaat setelah muncul gemuruh itu, tiba-tiba rumahnya yang berada di Lingkungan Cubluk RT 3/RW 3 Kelurahan Giritirto, Kecamatan/Kabupaten Wonogiri, tertimbun tanah dari dataran di atasnya. Kontan saja hal ini membuat rumah pria 70 tahun itu langsung ambruk.

Untung saja Slamet dan seluruh keluarganya segera keluar dari rumah, melalui celah-celah yang ada di reruntuhan. Sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa.  Namun harta benda serta perabotan rumah tangga rusak lantaran tertimpa bangunan rumah.

Longsor Wonogiri
Petugas Polsek Wonogiri membantu warga membersihkan lokasi tanah longsor
"Untungnya kami sekeluarga selamat. Hanya ada satu yang luka ringan, terkena kayu," ujar Slamet.

Saat kejadian berlangsung, rumah tersebut biasanya dihuni oleh lima anggota keluarga, yakni Slamet, anak, menantu, dan dua cucu. Namun kebetulan salah seorang cucunya tengah berada di rumah saudaranya.

"Alhamdulillah banyak yang membantu kami, ada dari pak polisi, pak tentara, tetangga, dan BPBD," ucapnya.

Melihat kondisi tersebut, Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto, langsung perintahkan Kabag Ops Polres Wonogiri Kompol Budiyono, untuk cek lokasi. Bersama dengan anggota Polres dan Polsek, mereka langsung mengevakuasi barang-barang yang tertimpa tanah.

"Pemicu robohnya rumah, karena dihantam material longsoran dari tebing. Hal ini lantaran tekanan curah hujan yang begitu tinggi. Sehingga tebing tidak kuat menahan debit air hujan," jelas Kasubsi Penmas Polres Wonogiri Aipda Iwan Sumarsono mewakili Kapolres. //Hum


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel