POPULER

 Manuver Baru FSRD ISI Surakarta dalam Penyelenggaraan DKV ACT 2021

Manuver Baru FSRD ISI Surakarta dalam Penyelenggaraan DKV ACT 2021

WARTAJOGLO, Solo - Pameran DKV ACT kembali digelar tahun ini dengan mengangkat tema “Manuver”. Di mana maknanya bahwa perubahan sangat erat hubungannya dengan sebuah aksi yang dipilih, perlu adanya manuver (pergerakan/aksi). Sehingga manusia yang terlibat di dalamnya tidak cuma bergerak mengikuti sebuah arus namun perlu adanya strategi untuk kelangsungan hidup yang lebih baik. 

Di masa sekarang semua dibatasi dan diawasi oleh aturan, sebuah pergerakan untuk menyelamatkan kehidupan, tentu saja ini mengubah tatanan kehidupan di segala aspek, yang memunculkan habit (kebiasaan) baru. 

DKV ACT 2021

Event di tahun 2021 ini sebagai event ke-7 (tujuh) yang juga bersamaan dengan peringatan 1 dekade (10 tahun ) usia Prodi DKV, yang berdiri pada 09 November 2011. Dan DKV ACT sendiri merupakan kegiatan apresiasi karya tahunan keluarga besar Prodi DKV FSRD ISI Surakarta. DKV ACT juga menjadi wadah bagi desainer dalam menyampaikan pesan yang disampaikan melalui karya-karya dan kegiatan yang dikemas dalam bentuk pameran.

Event utama DKV ACT ini berlokasi di Tirtonadi Convention Hall Lantai 2 Terminal Tirtonadi Banjarsari, Surakarta yang akan dimulai tanggal 19  - 21 November 2021. Rencananya acara ini akan dibuka oleh Rektor ISI Surakarta. Beragam acara digelar dalam event ini, di antaranya  pameran, talkshow,  sharing session, artis talk, malam penghargaan, dan hiburan musik.

Yang menarik, tahun ini DKV ACT mulai meningkat penyelenggaraannya dengan pameran di level internasional. Di mana beberapa peserta dari luar negeri ikut terlibat di dalamnya, yaitu Portugal, Inggris, Jerman, Mesir, dan Kamboja. 

Selain juga peserta dari mahasiswa dari perguruan tinggi se Indonesia dengan menampilkan karya-karya baik desain, ilustrasi, animasi, dan UI/UX design. Yang mana jumlah peserta pameran desain grafis ini mencapai sekitar 100 an peserta.

Sebelum sampai puncak kegiatan, digelar beberapa pre event, yaitu Sleding (Selentingan Dunia Branding) Podcast pada 10 - 27 Oktober 2021 di Gd 5, Jurusan Desain, Kampus Mojosongo. Yang mana dalam acara itu mengundang narasumber yang berkompeten dari berbagai bidang seperti lettering, freelancer, content creator, branding, illustrator hingga pelaku sosial. 

Sedangkan pra event selanjutnya berupa aksi Restorasi dan Pelestarian Visual pada Becak Berseri yang dilaksanakan pada 7 -8 November 2021 di Rusun Deret, Jl. Saharjo No. 85, Keprabon, Surakarta. Restorasi dan pelestarian visual pada Becak Berseri sebagai contoh kasus nyata, bagaimana aksi/pergerakan yang dapat dilakukan untuk menjaga serta mengangkat eksistensi visual pada becak, bersama komunitas Becak Berseri. 

Para mahasiswa mengulik proses di balik adanya identitas visual pada becak yang direstorasi bersama Antonius Sri Sunarto, seseorang yang sudah menggeluti dunia melukis becak selama 37 tahun. 

"Event tahun ini sangat berkesan selain bisa menyelenggarakan pameran desain komunikasi visual tingkat internasional dan menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mampu berkreativitas walau masih di masa pandemi," ujar Nindra Aris Setya Budi selaku ketua panitia.

Sementara Asmoro Nurhadi Panindias, selaku Kaprodi DKV memaparkan bahwa event ini sebagai bukti pertanggungjawaban kinerja prodi dan mahasiswa kepada stakeholder atas kompetensi di bidang desain komunikasi visual sebagai salah satu solusi mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel