POPULER

Polres Boyolali Musnahkan Ratusan Knalpot Brong Hasil Razia

Polres Boyolali Musnahkan Ratusan Knalpot Brong Hasil Razia

WARTAJOGLO, Boyolali - Berhasil menyita ratusan knalpot brong dalam razia, Polres Boyolali melakukan pemusnahan terhadap benda pemicu suara bising tersebut pada Selasa (18/1) siang. Pemusnahan ini dilakukan karena penggunaan knalpot brong dipandang melanggar aturan serta meresahkan masyarakat.

Kapolres Boyolali (tengah) memimpin pemusnahan ratusan knalpot brong hasil razia

Proses pemusnahan dilakukan dnegan cara memotong knalpot menggunakan gerinda, lalu menghancurkannya dengan palu.

Kapolres Boyolali, AKBP Morry Ermond mengatakan, penggunaan kendaraan dengan menggunakan knalpot tak standart tersebut menyalahi pasal 285 ayat 1 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

"Knalpot brong yang disita dan dimusnahkan berjumlah 300  buah. Ini merupakan hasil dari kegiatan razia sejak Juli 2021 sampai Januari 2022,” jelas Kapolres, Selasa 18 Januari 2022.

Sebagai sebuah pelanggaran, pengendara yang menggunakan knalpot brong bisa dikenai sanksi pidana satu bulan penjara serta dengan Rp 250 ribu.

“Sejak  11 Januari 2022, Polres Boyolali juga mengadakan penindakan pelanggaran knalpot brong. Dan menyita barang bukti kendaraan dengan knalpot brong sejumlah 200 kendaraan. Saat ini masih dalam proses persidangan,”ujar Kapolres.

Dijelaskan, penindakan terhadap knalpot brong merupakan atensi Polres Boyolali terhadap arahan pimpinan. Dan juga karena banyaknya aduan masyarakat yang terganggu dengan knalpot brong.

"Banyak pengguna jalan yang juga mengeluhkan kehilangan konsentrasi berkendara karena suara bising knalpot brong. Hal itu sangat berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas," tegas Kapolres.

Sementara salah seorang  tokoh masyarakat Boyolali, Theodorus Asbanu, mengaku senang  terkait razia knalpot brong tersebut. Sebab, masyarakat cukup resah dengan fenomena knalpot brong.

"Ini merupakan refleksi kepedulian Polres Boyolali terhadap keluhan masyarakat selama ini. Saya sangat mendukung dan amat gembira," pungkasnya.//Mul

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close