POPULER

Situs Tempat Pengelolaan Distribusi Gandum Berusia 4000 Tahun Ditemukan di Mesir

Situs Tempat Pengelolaan Distribusi Gandum Berusia 4000 Tahun Ditemukan di Mesir

WARTAJOGLO, Mesir - Sebuah fasilitas pengelolaan gandum peninggalan Periode Menengah Pertama yang terbentang antara tahun 2181 SM hingga 2050 SM, ditemukan di Mesir.

Penemuan ini terjadi dalam sebuah misi arkeologi Mesir-Austria yang bekerja di Kuil Kom Ombo di Provinsi Aswan, Mesir selatan.

Dalam misi tersebut, lebih dari 20 silo berbentuk kerucut ditemukan di dalam kompleks itu. 

Situs Silo yang diduga digunakan sebagai tempat pengelolaan distribusi gandum di Mesir pada 4000 tahun yang lalu

"Silo-silo ini kemungkinan digunakan untuk menimbun dan mendistribusikan gandum," ujar Mostafa Waziri, Sekretaris Jenderal Dewan Tertinggi Kepurbakalaan Mesir.

Elemen-elemen arsitektur dari silo berkedalaman dua meter itu, seperti kubah, tangga, dan ruang penyimpanan berada dalam kondisi baik.

Seraya menyebutnya "unik", Waziri mengatakan penemuan itu mencerminkan pentingnya Kota Kom Ombo pada Periode Menengah Pertama, sebagai pusat pertanian dan komersial, dan bahwa kota tersebut dihuni oleh sejumlah besar orang. 

Mesir telah menggalakkan proyek penemuan arkeologi dalam beberapa tahun terakhir, dalam upaya untuk menghidupkan kembali industri pariwisata, setelah destabilisasi menyusul pemberontakan Arab Spring 2011.

Beberapa tahun lalu para arkeolog Mesir mengatakan mereka telah menemukan sebuah makam berusia 4.400 tahun di dekat piramida di luar Kairo.

Warisan Sejarah dan Budaya Antik Mesir mengatakan, kemungkinan itu milik seorang pejabat tinggi yang dikenal sebagai Hetpet selama Dinasti Kelima Mesir.

Ini termasuk beragam lukisan dinding yang menggambarkan Hetpet mengamati adegan berburu dan memancing dalam pose yang berbeda-beda.//Rad

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close