POPULER

Gelar Acara Buka Bersama di Kanzus Sholawat, Ini yang Dilakukan Yayasan GNJ

Gelar Acara Buka Bersama di Kanzus Sholawat, Ini yang Dilakukan Yayasan GNJ

WARTAJOGLO, Sukoharjo - Yayasan Gerakan Nasi Jumat (GNJ) kembali merangkai kegiatan rutin selama bulan suci Ramadhan.

Kali ini salah satu dari RMS GNJ yakni RMS GNJ Ngabean Kartasura Sukoharjo mengajak para santriwati dari PPTQ Hamilul Qur'an GNJ Klaten kajian dan bukber puasa di Gedung Kanzus Sholawat di Desa Ngenden, Gentan, Sukoharjo Rabu (13/4/2022).

Kegiatan dimulai pukul 16.00 dan ditandai penampilan beberapa santriwati Ponpes Putri yang dikelola Nyai Sehah Wal Afiah. 

Dengan kemerduan suaranya para santriwati memperagakan keindahan dalam bersholawat.

Selama kurang lebih 15 menit beberapa Santriwati yang merupakan mahasiswi di Solo tersebut melakukan sholawat.

Acara buka bersama di Kanzus Sholawat

Hadir dalam acara itu dari Kanzuz Sholawat Sukoharjo yakni Nyai Sehah Wal Afiah, Pembina GNJ Mirza Zufraida dan Ketua RMS GNJ Ngabean Retno Pujiastuti.

Kegiatan dilanjutkan sambutan dari pembina GNJ Klaten Mirza Zufraida. Menurut Mirza sinergi GNJ dengan banyak komunitas dakwah semakin meluas.  

Sehingga cita-cita Rahmatan Lil'alamin akan menjadi kenyataan di setiap saat GNJ mengukir manfaat dunia akhirat.

"Kami hadir untuk berbagi kepada mereka (anak yatim lansia dan duafa) dan mereka yang betul-betul membutuhkan bantuan sehingga kebutuhan sehari-hari seperti makan bisa terpenuhi," ujarnya.

Menjelang berbuka dilanjutkan sambutan dari Nyai Sehah Wal Afiah terkait Eksistensi Kanzuz Sholawat Ngenden Gentan Sukoharjo.

Menurut Nyai Shehah Wal Afiah Kanzuz Sholawat baru berdiri 1 tahun ini. Kanzuz ini diperuntukkan bagi majelis taklim dan juga pondok pesantren Putri.

"Ada beberapa mahasiswi yang mukim di ponpes Putri dan ada juga yang santri kalong datang ketika ada acara-acara pengajian," ujarnya..

Kanzuz Sholawat Sukoharjo tambah Nyai Sehah merupakan cabang dari Kanzuz Sholawat yang ada di Pekalongan.

Kanzuz Sholawat itu sendiri merupakan cabang dari Kanzuz Sholawat di Ndalem milik Habib Luthfi di Pekalongan, 

"Karena dari keluarga kami merupakan murid dari Habib Luthfi, maka ajaran dan agenda kegiatan Kanzuz Sholawat ini juga mengikuti apa yang ada di Kanzuz Sholawat Pekalongan," tambahnya.

Setelah tanda sirine berbunyi mereka bersama-sama melakukan buka puasa dengan penuh keakraban.

Acara kemudian di lanjutkan sholat Maghrib berjamaah.

Sementara itu menurut Ketua Rumah Makan Sedekah (RMS) Ngabean Kartasura, Retno Pujiastuti lembaganya mengadakan kegiatan sosial di hari Rabu dan Jumat.

"Untuk Rabu yakni mengundang anak yatim lansia dan duafa untuk makan di kantor RMS Ngabean dan Jumat membagikan nasi berkah ke lokasi seperti masjid dan lainnya.," jelasnya.

Terkaitan kegiatan tersebut salah seorang santriwati PPTQ Hamilul Qur'an Klaten mengaku senang karena bisa mendapatkan tausiah Agama yang sangat bermanfaat dari pengelolaan Kanzuz Sholawat Nyai Sehah Wal Afiah.

Ia juga mengaku senang bisa iftor dan berbuka puasa bersama dengan Kanzuz Sholawat dan pengurus RMS Ngabean.//Udin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel