POPULER

Luar Biasa, Populasi Macan Tutul Salju di Tibet Meningkat

Luar Biasa, Populasi Macan Tutul Salju di Tibet Meningkat

WARTAJOGLO - Berkat upaya perlindungan yang diperkuat selama beberapa tahun terakhir, jumlah macan tutul salju di Cagar Alam Nasional Qomolangma di Tibet, China, terus meningkat.

Cagar Alam Nasional Qomolangma terletak di perbatasan China-Nepal, dan merupakan cagar alam tertinggi di dunia.

Pada 2013, Yayasan Vanke dan sejumlah departemen kehutanan di Tibet, China, menjalin kemitraan kerja sama strategis dan bersama-sama memprakarsai rencana perlindungan macan tutul salju di daerah Gunung Qomolangma.

Per 2021, yayasan tersebut telah mendonasikan 11 juta yuan (1 yuan setara dengan Rp2.171). Selain itu, sebuah jaringan perlindungan macan tutul salju pun dibentuk di daerah Gunung Qomolangma.

Hingga saat ini, area yang dipantau untuk perlindungan macan tutul salju sudah mencapai 3.000 km persegi, mencakup 8,9 persen dari luas cagar alam tersebut. Para peneliti memperkirakan populasi macan tutul salju di cagar alam itu mencapai 106 hingga 114 ekor.

Macan tutul salju berada di bawah perlindungan tingkat tertinggi nasional di China dan tercatat sebagai spesies rentan oleh Uni Internasional untuk Konservasi Alam (International Union for Conservation of Nature/IUCN).

Satwa yang dikenal sebagai "raja pegunungan bersalju" tersebut biasanya ditemukan di ketinggian 3.000 meter hingga 5.000 meter.//Rad

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel