POPULER

Kota Kediri Patenkan Seni Pecut Samandiman

Kota Kediri Patenkan Seni Pecut Samandiman

WARTAJOGLO, Kediri - Pemerintah Kota Kediri mendaftarkan Seni Pecut Samandiman ke Kemenkumham untuk Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), menjadi salah satu kesenian khas Kota Kediri.

Pendaftaran di Kemenkumham untuk HAKI dilakukan untuk menegaskan bahwa Pecut Samandiman dari Kota Kediri, sehingga mencegah juga diklaim atau diakui negara lain.

"Seni untuk menggerakkan dan membunyikan itu yang kita daftarkan ke Kemenkumham sebagai hak kekayaan intelektual Kota Kediri. Jangan sampai Pecut Samandiman ini diakui oleh negara lain," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar pada Sabtu 23 Juli 2022.

Berkaitan dengan itu, Pemerintah Kota Kediri menggelar Kejuaraan Seni Pecut Samandiman 2022.

Kegiatan ini digelar dalam rangkaian Hari Jadi ke-1143 Kota Kediri di area Goa Selomangleng.

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk melestarikan kesenian ini dan diikuti 128 peserta dari 22 kabupaten/kota di Indonesia.

Bahkan beberapa yang ikut serta di antaranya dari Kabupaten Mimika, Bontang, Kabupaten Merangin, dan peserta dari kabupaten/kota di Jawa Timur.

Pecut Samandiman di Kota Kediri memiliki khas pada panjangnya yang mencapai 3,5 hingga 10 meter. Karena panjangnya inilah diperlukan teknik khusus untuk membunyikannya.

Sementara itu, kesenian Pecut Samandiman ini sudah lama ada di Kota Kediri. Bahkan telah membaur menjadi budaya. Hingga di Kota Kediri juga banyak perajin pecut.

"Harapannya pecut ini juga bisa dijadikan suvenir, sehingga tidak hanya melestarikan tapi juga memberikan dampak ekonomi. Kesenian Pecut Samandiman ini luar biasa sekali," kata Wali Kota.

Wali Kota juga menambahkan kejuaraan seni Pecut Samandiman ini akan menjadi event tahunan di Kota Kediri.

Untuk tahun ini, kejuaraan ini melombakan bagaimana cara membunyikan pecut yang benar.

"Semoga acara ini mengedukasi dan menjadi tontonan positif bagi masyarakat. Masyarakat di seluruh Indonesia juga dapat menyaksikan melalui YouTube Kediritourism," kata dia.

Kejuaraan Seni Pecut Samandiman ini digelar selama dua hari pada tanggal 23-24 Juli 2022.

Terdapat empat kategori dalam kejuaraan yang dilombakan, yakni kategori bebas putra, bebas putri, tunggal putri anak, dan tunggal putra anak. Total hadiah pada kejuaraan ini sebesar Rp37 juta. //Ant

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close