POPULER

Sampaikan Orasi Ilmiah, Prof Bambang Prasetya Berikan Saran untuk Kemajuan UNIBA Surakarta

Sampaikan Orasi Ilmiah, Prof Bambang Prasetya Berikan Saran untuk Kemajuan UNIBA Surakarta

WARTAJOGLO, Solo - Memperingati Dies Natalis yang ke-39, Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta menggelar sidang senat terbuka di Aula Sidoluhur kampus UNIBA yang berada di kawasan Jalan KH Agus Salim Kota Surakarta, Surakarta, Selasa, 26 Juli 2022.

Sidang senat terbuka ini diisi dengan orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya, M.Sc,Ph.D, seorang Peneliti Utama Pusat Riset Teknologi Pengujian dan Standar, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dalam orasinya Bambang mengangkat tema "Strategi Peningkatan Prestasi Perguruan Tinggi melalui Penguatan Sistem Managemen, Riset-Inovasi dan Pemanfaatan Teknologi Digital".

Prof Bambang Prasetya saat menyampaikan orasi ilmiah di acara Sidang Senat Terbuka UNIBA Surakarta

Tema ini sengaja diangkat sebagai bahan masukan untuk UNIBA dalam upaya peningkatan prestasi perguruan tinggi. 

Sebab di tengah semakin banyaknya muncul perguruan-perguruan tinggi baru, hal itu tentu akan memunculkan persaingan tersendiri. Sehingga perguruan tinggi yang memiliki kualitas dan prestasi yang akan jadi pilihan masyarakat.

Untuk itulah diperlukan sebuah strategi khusus untuk bisa mengarah ke sana. Yang tentunya juga didukung dengan berbagai infrastruktur yang memadai.

Salah satu infrastruktur yang sangat penting adalah sumber daya manusia. Karena dengan SDM yang unggul, maka berbagai langkah strategis dan optimal bisa diwujudkan.

Bambang pun memaparkan banyak hal terkait strategi-strategi yang diperlukan untuk bisa membuat UNIBA semakin tampil di depan.

Di penghujung orasi, Bambang pun menyampaikan 8 hal yang menjadi rekomendasi dirinya untuk UNIBA.

Rekomendasi itu di antaranya adalah perlu adanya penerbitan karya tulis ilmiah pada jurnal bereputasi internasional dari UNIBA. Lalu peningkatan paten dan hak kekayaan intelektual beserta pendayagunaannya. 

Kemudian penyebaran informasi kepada mitra nasional maupun internasional. Ikut berpartisipasi dalam forum internasional seperti workshop, seminar, konferensi ataupun WCU (World Class University).

Berikutnya perlunya penyelenggaraan workshop ataupun seminar bertaraf internasional di UNIBA. Serta memfasilitasi keterlibatan dosen dalam organisasi profesi bertaraf nasional dan internasional.

Saran selanjutnya adalah peningkatan kesiapan dan kompetensi lulusan untuk bekerja di perusahaan multi nasional atau lembaga internasional.

Dan yang terakhir adalah peningkatan ranking Web Institusi, Repository, Webometric, dan pengelolaannya.

"Semoga saran yang saya sampaikan bisa dijadikan pertimbangan untuk kemajuan UNIBA ke depan," ujar Bambang.

Sementara itu, sebelum orasi ilmiah dari Bambang Prasetya, Rektor UNIBA Surakarta Dr. H. Amir Junaidi, SH, MH, menyampaikan sambutannya, terkait acara Dies Natalis ini.

Dalam sambutannya Amir menjelaskan bahwa sebagai langkah untuk semakin membesarkan UNIBA, dalam waktu dekat akan ada pembukaan fakultas dan jurusan baru, di antaranya fakultas kedokteran serta jurusan hukum cyber crime. 

"Saat ini kita sudah memiliki hubungan dengan YARSIS (Yayasan Rumah Sakit Islam Surakarta) yang ke depannya akan ada rencana pembukaan Fakultas Kedokteran," jelasnya.

"Semoga ke depan Universitas Batik Surakarta bisa semakin maju sebagaimana kepanjangan dari kata Batik itu sendiri yakni Berdikari, Amanah, Tangguh, Inovatif dan Kompetitif," pungkasnya. //Bang.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel