POPULER

Lakukan Pendampingan, Fakultas Pertanian Unisri Berikan Alat Khusus untuk Kelompok Tani Sidomaju Boyolali

Lakukan Pendampingan, Fakultas Pertanian Unisri Berikan Alat Khusus untuk Kelompok Tani Sidomaju Boyolali

WARTAJOGLO, Solo - Dalam rangka menyemarakkan Dies Natalis ke 42 Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Fakultas Pertanian melakukan pengabdian masyarakat di Desa Wonoharjo, Kemusu Boyolali.

Pengabdian masyarakat yang merupakan implementasi pendanaan dan kepedulian dari Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi itu melibatkan Dr Dewi Ratna Nurhayati, selaku Dekan Fakultas Pertanian sekaligus ketua kegiatan pengabdian kepada masyarakat bersama anggota tim Dr Sumarmi dan M Idham mewakili mahasiswa.

Pemberian bantuan alat parut umbi garut dari Fakultas Pertanian Unisri

Adapun pengabdian masyarakat yang dilaksanakan antara lain, sosialisasi pentingnya memanfaatkan potensi tanaman garut di lahan milik kelompok tani, penjelasan pentingnya garut bagi kesehatan, pelatihan pengolahan dan pemberian alat untuk mengolah garut menjadi emping dan tepung garut.

"Kegiatan ini bisa menjadi pioner pemberdayaan bagi masyarakat desa setempat," kata Dr Dewi Ratna Nurhayati, dalam siaran pers, Kamis 4 Agustus 2022.

Mewakili peserta pelatihan, ketua kelompok tani Sidomaju Desa Wonoharjo Kecamatan Kemusu Kabupaten Boyolali, Purman berterima kasih pada Fakultas Pertanian yang telah memberi pendampingan.

Pihaknya berharap, penjelasan pentingnya garut bagi kesehatan dan pelatihan pengolahan, serta bantuan alat untuk memarut umbi garut untuk bahan tepung bisa dimanfaatkan kelompok tani secara optimal.

"Kami berharap, kegiatan ini bisa ditindaklanjuti berupa kegiatan pendampingan pemasaran produksi emping dan tepung garut maupun perluasan jejaring pemberdayaan potensi produksi berbasis garut," kata Purman.//Lis


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel