POPULER

Tingkatkan Pendapatan Asli Desa, Pemdes Kiringan Kembangkan Foodcourt

Tingkatkan Pendapatan Asli Desa, Pemdes Kiringan Kembangkan Foodcourt

WARTAJOGLO, Boyolali - Upaya pengembangan sektor UMKM terus dilakukan oleh Pemerintah Desa Kiringan, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali. Yang mana kali ini diwujudkan dengan mengembangkan sebuah foodcourt yang diberi nama KIMURRA.

Foodcourt ini sendiri sebelumnya adalah sebuah toko ritel yang dibangun oleh Pemdes Kiringan untuk meningkatkan pendapatan asli desa.

Foodcourt KIMURRA dibangun dengan memanfraatkan eks bangunan sekolah dasar yang sudah mangkrak selama tiga tahun yang kemudian regrouping atau penggabungan dengan sekolah lain. 

Kepala Desa Kiringan melakukan peresmian foodcourt KIMURRA

Tepat berada di depan Balai Desa Kiringan, foodcourt ini memiliki enam stand makanan. Berbarengan dengan moment HUT Kemerdekaan Ke-77 Republik Indonesia, foodcourt ini diresmikan pada Kamis 25 Agustus 2022 melalui tema “Gebyar Kiringan Metal”.

“Dimanfaatkan lewat Pokdarwis untuk bisa mengakomodir dari pelaku pelaku UMKM di Kiringan sehingga nanti kelangsungan pelaku UMKM khususnya di bidang kuliner ke depannya bisa lebih baik,” ujar Ketua UMKM Desa Kiringan, Daryanto di sela acara.

Kegiatan tersebut mendapatkan apresiasi yang baik dari Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Boyolali, Supana. 

Menurutnya, Desa Kiringan merupakan salah satu desa dari 15 desa di Kabupaten Boyolali yang sudah mendapatkan SK Bupati Boyolali menjadi desa pengembangan desa wisata.

“Harapannya bisa memberikan nilai tambah dari sisi pendapatan dari sisi kesejahteraan dari sisi pendapatan perkapita tentunya, dan secara multiefek ini sangat berdampak positif. Karena kegiatan ini manakala nanti bisa ramai seperti yang diharapkan otomatis akan menyerap pengangguran,” katanya.

Senada, Kepala Desa Kiringan, Sri Wuryanto juga menyambut baik peresmian foodcourt tersebut. Usai masyarakat tidak dapat beraktifitas karena pandemi Covid-19, diharapkan dengan hadiran foodcourt dapat meningkatkan Kembali perekonomian masyarakat Desa Kiringan.

“Nanti bisa meningkatkan perekonomian khususnya di Desa Kiringan, ada enam lapak yang semuanya warga Kiringan. Kita menunjang desa wisata, di samping itu juga ada keterkaitannya edukasi wisata, kita bisa kolaborasi dengan adanya foodcourt,” terangnya.

Selain peresmian foodcourt, dalam acara tersebut juga dilakukan karnaval pembangunan serta bazzar UMKM selama empat hari dengan diikuti oleh 48 UMKM. //Mul

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel