POPULER

Tuntutan Tampil Unik untuk Para Peserta Kompetisi D'Academy 5

Tuntutan Tampil Unik untuk Para Peserta Kompetisi D'Academy 5

WARTAJOGLO, Jakarta - Setelah sempat terhenti, kompetisi D'Academy kembali digelar Indosiar untuk menjaring bibit-bibit pedangdut berbakat dari seluruh Indonesia.

Gelaran kompetisi D'Academy kali ini memasuki seri ke-5, yang mana proses audisinya sudah dilakukan beberapa waktu lalu secara online.

Dan dengan audisi online ini, para peserta D'Academy 5 terbilang membeludak, hingga mencapai ribuan orang.

Harsiwi Achmad saat menjelaskan tentang ajang D'Academy 5 bersama para juri

"Dari yang sekian ribu itu lantas kita saring dan menyisakan 200 an. Lalu kita saring lagi hingga tersisa 93 orang saja dan akan menikuti kompetisi yang akan digelar mulai hari Selasa 9 Agustus 2022 malam," jelas Harsiwi Achmad selaku Direktur Programming SCM dalam acara press conference yang digelar secara hybrid pada Jumat 5 Agustus 2022.

Kompetisi D'Academy sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu ajang pencarian bakat bergengsi yang telah melahirkan nama-nama pedangdut tenar di tanah air, di antaranya Lesti, Fildan, Reza dan yang lainnya.

Berbeda dengan musim-musim sebelumnya yang memberi kesempatan kepada kontestan yang lolos dari babak audisi untuk langsung melangkah ke panggung Konser. 

Tahun ini Indosiar sebagai penyelenggara menghadirkan dua babak sebelum babak konser nantinya, yakni “D’Academy 5 Final Audition” dan “D’Academy 5 Fifty Fifty”, serta kesempatan kedua yakni “D’Academy 5 Wild Card” bagi peserta yang tersenggol di babak fifty-fifty. 

Dalam perjalanannya dewan juri akan memberi berbagai tantangan kepada para kontestan D’Academy 5 yang berhasil melaju ke babak tersebut. 

Kemudian akan terpilih 24 peserta, yakni 20 peserta yang lolos dari babak fifty-fifty dan 4 peserta dari Wild Card, yang tampil di Konser D’Academy 5 demi memperebutkan gelar Juara D’Academy 5.

Di babak “D’Academy 5 Fifty-Fifty” akan tampil 4 peserta di setiap episode dan hanya akan dipilih 2 peserta dengan bakat dangdut terbaik. 

Selanjutnya dipilih 20 kontestan terbaik yang berhak mendapat tiket menuju Konser D’Academy 5 Top 24. 

Untuk melengkapi kuota 24 kontestan, maka 8 peserta yang telah tersenggol mendapatkan kesempatan kedua dengan bertanding di babak “D’Academy 5 Wild Card”, untuk memperebutkan 4 posisi yang masih tersedia.

“Memasuki musim ke-5 kali ini Indosiar telah mengemas kompetisi D’Academy lebih menarik dengan melibatkan penyanyi dangdut top tanah air, yang lahir dari ajang pencarian bakat Indosiar sebagai Dewan Juri, bersama penyanyi dangdut senior lainnya. Kami sangat optimis melalui D’Academy 5 ini dapat kembali melahirkan bintang dangdut baru masa depan bersuara merdu,” lanjut Harsiwi.

Dan berbeda dengan gelaran sebelumnya yang lebih fokus pada kualitas vokal D'Academy 5 akan menuntut para peserta untuk menunjukkan sisi unik dari kemampuan mereka selain pada kualitas vokal.

Hal ini penting, sebab hanya mereka yang punya kekhasan sendiri yang akan bisa bertahan dalam persaingan di tengah banyaknya penyanyi dangdut yang ada di tanah air.

"Untuk D'Academy kali ini, para peserta tidak hanya harus memiliki kemampuan vokal yang bagus, tetapi juga harus mampu menunjukkan sisi unik yang jadi ciri khas mereka," ujar pedangdut Dewi Perssik, yang jadi salah satu juri dalam kompetisi ini.

DAlam ajang kompetisi ini Dewi Perssik akan ditemani oleh jajaran pedangdut senior lain seperti Soimah, Nassar, serta Rita Sugiarto.

Tak hanya menampilkan dewan jurio dari pedangdut senior, D'Academy 5 juga diisi juri dari jebolan D'Academy sebelumnya yakni Lesti DA, Resa DA serta Fildan DA. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel