POPULER

Tak Ada Persaingan, 3 Calon Ketua KADIN Surakarta Justru Berselfie Ria Saat Mendaftar

Tak Ada Persaingan, 3 Calon Ketua KADIN Surakarta Justru Berselfie Ria Saat Mendaftar

WARTAJOGLO, Solo - Jelang Mukota (Musyawarah Kota) KADIN Surakarta pada 16 November 2022 mendatang,  berbagai persiapan telah dilakukan oleh Steering Commitee (SC) untuk memastikan pelaksanaan Mukota berjalan lancar.

Salah satu agenda utama dalam Mukota tersebut adalah pemilihan ketua KADIN Surakarta yang baru, menggantikan posisi Gareng Sri Haryanto yang telah habis masa jabatannya.

Pada batas akhir pendaftaran calon ketua pada Rabu 9 November 2022, ada 3 orang pendaftar yang akan maju sebagai calon ketua KADIN Surakarta.

Para bakal calon Ketua KADIN Surakarta dari kiri Ferry Septa Indrianto, Farid Sunarto dan Maliyana Nur Wijayanti berselfie ria di depan kantor KADIN sebelum pendaftaran

Mereka adalah Maliyana Nur Wijayanti, Ferry Septa Indrianto dan Farid Sunarto.

Maliyana sendiri selama ini banyak dikenal bergerak di sektor UMKM. Sementara Ferry banyak berkutat di bisnis otomotif, sedangkan Farid diketahui memiliki banyak bisnis, dan duduk sebagai salah satu pengurus di KADIN Surakarta. 

Yang menarik, dalam proses penjaringan calon ketua tersebut, ketiga calon yang maju datang secara bersamaan untuk mendaftar di jelang menit-menit akhir pendaftaran.

Entah sudah janjian atau memang kebetulan, ketiganya masuk ke halaman kantor KADIN di Jalan Hasanudin Kota Surakarta nyaris berbarengan. Bahkan Farid dan Ferry datang dalam satu mobil.

Setelah sempat bercengkerama sebentar dan saling berfoto selfie bersama, ketiganya lantas masuk ke dalam kantor untuk melakukan proses pendaftaran.

"Ini adalah momen bersejarah dalam perjalanan KADIN Surakarta, di mana tiga calon ketua datang bersamaan untuk mendaftar. Hal ini juga menunjukkan tidak adanya persaingan di antara mereka. Karena tujuan utama mereka adalah membawa KADIN Surakarta semakin maju," ungkap Adji salah seorang anggota asosiasi di bawah KADIN yang mengantarkan mereka bertiga.

Ketiganya lantas diterima oleh Steering Commitee Mukota KADIN yakni Mustofa, Abdullah Soewarno, Budi Wiharto dan David Wijaya.

Maliyana sebagai satu-satunya perempuan yang maju menjadi calon ketua dipersilahkan untuk mendaftar giliran pertama. 

Beberapa berkas persyaratan administratif yang dibutuhkan untuk pendaftaran langsung disodorkan untuk diperiksa.

Dan setelah dipandang sudah memenuhi syarat, Maliyana pun menandatangani berkas formulir pendaftaran yang disodorkan kepadanya.

Giliran kedua adalah Ferry yang bisa dibilang tidak terlalu banyak dikenal, namun kiprah bisnisnya luar biasa. 

Farid Sunarto salah satu bakal calon ketua KADIN Surakarta didampingi sang istri usai melakukan pendaftaran

Sedangkan Farid mendapat giliran terakhir. Dan demi memberi dukungan moral, sang istri ikut hadir dan mendampingi Farid saat pendaftaran.

“Setelah semua berkas kita terima, tugas selanjutnya adalah melakukan verifikasi. Verifikasi yang dimaksud adalah terkait persyaratan dukungan dari minimal satu asosiasi. Sehingga nantinya kita akan mencoba melakukan konfirmasi kepada asosiasi yang dipakai dalam pendaftaran para calon," jelas Mustofa selaku anggota SC Mukota KADIN. 

Bila proses verifikasi dan validasi data sudah selesai, maka pihak SC akan membuatkan Surat keputusan (SK) untuk penetapan bakal calon ketua.

"Calon yang lolos verifikasi akan kita buatkan SK untuk bisa maju menyampaikan visi misi mereka dalam Mukota mendatang," lanjut Mustofa.

Mustofa juga menjelaskan bahwa verifikasi tidak hanya dilakukan pada bakal calon ketua, namun juga dilakukan pada peserta yang lain yang memiliki hak suara.

Hal ini untuk memastikan tidak ada suara liar yang masuk, karena tentu hanya mereka yang memiliki hak suara yang bisa mengikuti pemilihan.

Menurut Mustofa, yang memiliki hak suara adalah anggota yang memegang KTA B. Dan untuk itu pihaknya juga sudah membuka pendaftaran untuk para anggota guna memperbarui KTA mereka, sehingga bisa mengikuti proses pemilihan.

"Untuk saat ini sudah lebih dari 100 anggota yang terverifikasi sebagai pemgang KTA B, yang tentunya memiliki hak suara atau hak pilih. Proses pendaftaran juga akan ditutup pada 9 November 2022 pukul 16.00 WIB," tandasnya. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close