POPULER

Terapkan Sistem One Day Service, UMS Resmi Launching Penerimaan Mahasiswa Baru

Terapkan Sistem One Day Service, UMS Resmi Launching Penerimaan Mahasiswa Baru

WARTAJOGLO, Sukoharjo - Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) secara resmi membuka proses penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2023 - 2024 pada Sabtu 5 November 2022.

Launching PMB ini secara resmi ditandai dengan penekanan tombol aplikasi pada monitor yang ada di Gedung Induk Siti Walidah, oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Riset, Pengabdian, Publikasi & HAKI UMS, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum.

Bersama dengan pembukaan PMB tersebut, telah ada 268 calon mahasiswa yang melakukan pendaftaran.

Wakil Rektor I menyerahkan souvenir kepada 3 mahasiswa baru UMS

UMS sendiri pada tahun depan menargetkan bisa menerima hingga 8000 mahasiswa. Yang mana perekrutannya melalui 3 jalur, yakni jalur rapot, Computer Based Test (CBT) serta bea siswa.

Hal ini seperti yang disampaikan oleh Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) UMS,  yang juga ketua panitia PMB, Triyono.

“Saat ini sudah ada 268 pendaftar, yang mana 48 di antaranya telah lolos pemberkasan. Dan 3 di antaranya telah resmi diterima. Sedangkan target kita tahun depan adalah 8000 mahasiswa," ungkap Triyono saat dijumpai usai launching PMB.

UMS saat ini memiliki 61 program studi dari jenjang Sarjana, Magister dan Doktoral. Bahkan ke depan masih ada rencana pembukaan program studi baru.

"Kita memang ada rencana membuka 15 program studi baru. Di antaranya Farmasi untuk program Doktor, lalu Psikologi program Doktor, Administrasi Rumah Sakit untuk Magister serta Pendidikan Matematika untuk program Magister. Tapi untuk saat ini masih terus dalam proses pematangan," lanjut Triyono.

Untuk melakukan pendaftaran, para calon mahasiswa bisa dengan mudah melakukannya secara online melalui website resmi UMS atau datang secara langsung ke kampus yang berada di kawasan Pabelan, Kartasura tersebut.

"Bagi yang sudah memiliki raport, bisa langsung mendaftar lewat jalur raport. Tapi bagi yang belum lulus, dalam hal ini kelas 12, kita siapkan jalur CBT yang hasilnya bisa langsung dilihat saat itu juga. Jadi bila dia lolos, maka otomatis dia bisa langsung terdaftar sebagai mahasiswa saat sudah lulus SMA nantinya,"tandas Triyono.

Sementara Wakil Rektor I berharap agar para mahasiswa UMS selalu berupaya meraih prestasi, sehingga bisa lulus tepat waktu.

"Ada banyak program beasiswa yang ditawarkan di sini (UMS). Jadi saya harap para mahasiswa bisa memanfaatkannya. Sehingga tentunya ke depan bisa selalu lulus tepat pada waktunya," pungkasnya. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close