POPULER

Awas, Makanan Ini Ternyata Picu Penuaan Dini

Awas, Makanan Ini Ternyata Picu Penuaan Dini

WARTAJOGLO - Sebagai sumber nutrisi bagi tubuh, ternyata tidak semua makanan baik dikonsumsi, terutama dalam jumlah banyak. 

Hal ini terkait dengan kandungan zat-zat tertentu dalam makanan tersebut, yang dipercaya memiliki dampak negatif bagi tubuh. Dan salah satu efeknya adalah mempercepat proses penuaan dini. 

Lalu jenis makanan apa saja yang selama ini diyakini bisa membuat kita cepat tua? 

Makanan jenis-jenis tertentu bisa menyebabkan penuaan dini

Seperti dilansir para peneliti di State University of New York, ada empat jenis makanan yang efeknya bias mempercepat proses penuaan. 

Di antaranya adalah daging merah beserta produk olahannya. Lalu susu, keju dan makanan yang dipanggang seperti cookies, cake maupun donat.

Makanan-makanan tersebut di atas termasuk sumber lemak total, dan biasanya masuk dalam diet Amerika. 

Yang perlu diingat, terlalu banyak lemak dalam tubuh adalah wahana potensial untuk mengundang berbagai penyakit ‘kartu mati’ seperti kanker, diabetes, hipertensi, gangguan pencernaan dan komplikasi dalam artritis. 

Belum lagi penyakit jantung dan kolesterol dalam darah.

Dan menurut para peneliti, daging yang dibakar diketahui membentuk karsinogen di dalam daging dan pada permukaannya. 

Hal itulah yang kerap menyebabkan kerusakan sel, hingga seseorang terlihat lebih tua.

Kategori lain makanan yang membuat orang lekas tua adalah makanan olahan yang telah dibungkus dan siap dikonsumsi setelah dipanaskan dalam microwave. 

Makanan tersebut biasanya tinggi kalori dengan sedikit serat. Biasanya (meski tak selalu) menghasilkan 30 persen kalori atau lebih dan bentuk lemak. Hampir selalu mengandung natrium yang tinggi.

Dengan begitu, hendaknya lebih bijak dalam memilih makanan. Karena bukan tidak mungkin dampak negatif itu akan menyerang tubuh kita. //Rad

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close