POPULER

Tandatangani Pakta Integritas, Caketum HIPMI Sepakat Jaga Fair Play

Tandatangani Pakta Integritas, Caketum HIPMI Sepakat Jaga Fair Play

WARTAJOGLO, Solo - Tahapan pemilihan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Surakarta terus bergulir. 

Pada Selasa 20 Desember 2022, para caketum HIPMI datang ke sekretariat untuk mengikuti pengundian nomor urut sembari menandatangani pakta integritas.

Sesuai dengan timeline pemilihan, usai pendaftaran dilakukan proses pengundian nomor urut, penetapan calon ketua umum BPC HIPMI Surakarta yang sudah lolos verifikasi dan penyampaian aturan kampanye.

Salah seorang caketum HIPMI Surakarta Astrid Widayani menandatangani pakta integritas Muscab IX

Berdasarkan pengembalian formulir dan proses verifikasi tiga bakal calon berhak untuk mengikuti pemilihan calon ketua umum HIPMI Surakarta. 

Ketiga calon tersebut adalah Astrid Widayani, Respati Ardi dan Rosanto Adi.

Mekanisme pengambilan undian nomor urut berdasarkan pengembalian berkas formulir pendaftaran, dimulai dari Astrid, Respati Ardi dan Rosanto Adi.

Sekretaris Steering Committee Muscab IX HIPMI Surakarta, Tito Mohamad Adrianto menjelaskan usai pengambilan undian dan mendapatkan nomor urut bacalon langsung ditetapkan dan berhak mengikuti pemilihan ketua umum HIPMI Surakarta. 

“Pada kesempatan ini juga disampaikan aturan kampanye. Kampanye akan dimulai besok Rabu 21 Desember 2022 hingga 2 Februari 2023,” terang Tito.

Aturan kampanye calon ketum HIPMI diantaranya tidak melakukan money politik, dilarang mengangkat isu SARA, menjatuhkan satu sama lain dan dilarang menggunakan kekerasan, mengedepankan kerukunan dalam keluarga besar HIPMI Surakarta.

Bagi caketum yang melanggar aturan kampanye, akan dikenakan sanksi dan teguran dari SC.

“Kami sepakat yang paling kami garis bawahi adalah tidak boleh melakukan money politik. Bagaimanapun juga HIPMI ini keluarga semua, jadi berusaha fair play demi kita sendiri,” imbuh Ketua SC Sadrah Sumariyoso.

Pakta Integritas

Selain pengambilan nomor urut dan penyampaian aturan kampanye juga dilakukan penandatanganan Pakta Integritas calon ketua umum HIPMI untuk menjalankan rangkaian muscab dengan damai. 

“Setiap calon ketum harus mentaati Pakta Integritas ini seperti menjunjung tinggi kode etik organisasi, bertanding secara fair, mengedepankan visi misi, menghargai calon lain, dan siap menerima kekalahan dan kemenangan serta siap berkolaborasi dengan calon lain untuk kemajuan HIPMI selanjutnya,” papar Tito.

Pada kegiatan pengambilan nomor urut dan penetapan caketum HIPMI ini, bacalon Astrid Widayani dan tim suksesnya hadir pertama disusul Rosanto Adi yang berhalangan hadir dan diwakili tim suksesnya, dan hadir terakhir bacalon Respati Ardi. 

Ketua OC Jimmy Soegiharto menambahkan, setelah pengambilan nomor urut ini akan dilanjutkan dengan ziarah ke makam senior HIPMI yang sudah berpulang pada 26 Desember 2022, kegiatan sosialisasi di Car Free Day, debat caketum hingga pelaksanaan muscab pada 4 Februari 2023 nanti.

Puncak acara yakni pengundian nomor urut, Astrid Widayani mendapatkan nomor urut 1, Rosanto Adi nomor urut 2 dan Respati Ardi mendapat nomor urut 3. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close