POPULER

Lantik Pengurus FBI Jawa Tengah, Ketua Umum: Kreatifitas Adalah Kunci Dunia Event Organizer

Lantik Pengurus FBI Jawa Tengah, Ketua Umum: Kreatifitas Adalah Kunci Dunia Event Organizer

WARTAJOGLO, Solo - Berawal dari sebuah komunitas yang beranggotakan para pemilik Event Organizer (EO), akhirnya terbentuklah Forum Backstagers Indonesia pada 2020.

Yang menarik organisasi ini berdiri justru di saat kondisi kritis mendera mereka. Di mana saat itu situasi pandemi melanda. 

Kondisi ini membuat mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan, karena adanya kebijakan pembatasan aktifitas masyarakat.

"Saat itu kita sedang berada di titik nadir, karena tidak ada lagi job yang bisa kita kerjakan. Karena memang tidak boleh ada kegiatan berkerumun. Kalaupun boleh mengadakan event menumpulkan orang, satu-satunya yang diijinkan adalah vaksinasi," kenang Ketua Umum FBI Sofyan Nasution saat memberi sambutan dalam acara pelantikan Pengurus DPD FBI Jawa tengah pada Rabu 25 Januari 2023 di Sunan Hotel, Solo.

Ketua Umum FBI (membelakangi kamera) saat melantik pengurus DPD FBI Jawa Tengah

Dari situasi kritis inilah lantas terbentuk FBI, yang ternyata seiring berlalunya masa pandemi, menjadi semakin berkembang karena sudah ada pembebasan penyelenggaraan berbagai event.

Saat ini FBI sendiri sudah memeiliki 18 DPD di tingkat provinsi yang mana anggotanya mencapai 300 an orang.

Sofyan pun optimis bahwa FBI akan semakin berkembang. Sebab dia berpandangan bahwa yang akan bertahan dan berkembang di masa yang akan datang adalah jenis industri kreatif. Dan EO adalah salah satunya.

"Ke depan ini yang akan bertahan adalah mereka yang kreatif. Dan event organizer adalah salah satu industri yang menerapkan kreatifitas di dalamnya. Untuk itu kita juga harus terus meningkatkan kreatifitas, agar bisa terus berkembang," paparnya.

Penguatan kapasitas dari para anggota tentu menjadi fokus perhatian dari FBI. Untuk itu ke depan juga direncanakan ada kegiatan workshop ataupun uji kompetensi serta pemberlakuan sertifikasi.

Tak hanya itu, jalinan hubungan dengan berbagai instansi pemerintah juga terus ditingkatkan, sebagai bagian dari upaya untuk menggaet kepercayaan serta menunjukkan profesionalitas dalam bekerja.

Sebelum memberikan paparannya terkait dunia event organizer dan Forum Backstagers Indonesia, Sofyan didapuk melakukan pelantikan terhadap para pengurus DPD FBI Jawa Tengah.

Dalam pelantikan tersebut, Sofyan memimpin pengucapan sumpah yang ditirukan oleh seluruh pengurus yang dilantik.

Usai mengambil sumpah, Sofyan menyerahkan bendera organisasi kepada Hasbi Ash Shiddiqi yang terpilih sebagai Ketua DPD FBI Jawa Tengah.

Hasbi pun lantas mengibarkan bendera berlatar warna hitam dengan tulisan putih itu ke berbagai arah, yang disambut dengan tepuk tangan meriah seluruh pengurus dan tamu undangan yang hadir.

"Di sini kami mengambil tema Epicentrum of Indonesia, dengan menampilkan ikon candi Borobudur, Rajamala dan juga ombak. Semoga ke depan Jawa Tengah bisa menjadi pusat dari penyelenggaraan berbagai event yang berskala nasional maupun internasional," ucap Hasbi saat memberi sambutan usai dilantik. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close