POPULER

Bantu Lulusan Cepat Dapat Kerja, UNISRI Gelar Job Fair 2023

Bantu Lulusan Cepat Dapat Kerja, UNISRI Gelar Job Fair 2023

WARTAJOGLO, Solo - Sebagai upaya menyalurkan lulusan perguruan tinggi ke dunia kerja, Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta menggelar Job Fair tahun 2023.

Dalam penyelenggaraan acara ini, pihak UNISRI bekerja sama dengan Forum Pusat Karier Perguruan Tinggi se-Solo Raya.

Job Fair sendiri akan digelar selama dua hari pada 14 dan 15 Februari 2023 di Graha Solo Raya Kota Surakarta. 

Sedikitnya 30 perusahaan ikut ambil bagian dalam acara yang dibuka untuk mahasiswa dan umum ini.

Ilustrasi lowongan kerja

"Akan ada banyak lowongan yang bisa dilamar sesuai bidang, yang bisa menyerap hingga ribuan tenaga kerja," jelas Sarafudin, SPd, MPd selaku ketua panitia job fair ini saat ditemui awak media di Kampus UNISRI pada Senin 13 Februari 2023.

UNISRI sendiri selalu berusaha membantu para lulusannya untuk segera mendapatkan pekerjaan. Karena menurut Rektor UNISRI, Prof. Dr. Sutoyo hal itu akan berdampak pada pergerakan roda perekonomian yang bisa memajukan bangsa.

Untuk itu pula pihak UNISRI selalu melakukan tracer atau pelacakan terhadap para lulusan UNISRI yang sudah lulus ataupun bekerja.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data terkait perilaku para lulusan tersebut di tempat kerja, serta relevansi pekerjaan yang digeluti dengan bidang ilmu yang dimiliki.

"Dari data tracer itulah kita bisa mendapatkan gambaran tentang apa yang dibutuhkan para lulusan ke depan," ujar Prof. Dr. Sutoyo.

Selanjutnya pembekalan khusus akan diberikan kepada para mahasiswa, sebagai modal dasar bagi mereka untuk mencari pekerjaan.

Pembekalan yang berupa kompetensi dasar itu antara lain kompetensi profesi, kompetensi personal dan kompetesi sosial, kompetensi manajerial, kompetensi kewirausahaan. dan kompetensi di bidang  IT.

Kompetensi profesi sendiri terkait dengan penguasaan ilmu di bidangnya, sehingga bisa dijadikan modal mencari pekerjaan yang sesuai.

Sedangkan kompetensi personal lebih terkait dengan siap moral, mental dan attitude. Sebab persoalan personal ini sangat dibutuhkan dalam dunia kerja.

Selanjutnya kompetensi sosial di mana para lulusan bisa selalu menjalin komunikasi dan interaksi dengan baik. 

"Yang keempat adalah kompetensi manajerial, di mana para mahasiswa kita bekali kemampuan memenej baik itu di organisasi ataupun yang lain. Yang kelima, karena UNISRI dikenal sebagai kampus enterpreneur, maka kompetensi di bidang kewirausahaan juga selalu kita berikan," lanjut rektor.

Sedangkan kompetensi yang keenam menurut Prof. Dr. Sutoyo adalah kompetensi bidang IT. Yang merupakan bidang penting dan sangat dibutuhkan.

Dalam job Fair yang digelar ini, pihak UNISRI menargetkan sekitar 3000 peserta, yang mana terdiri dari kalangan internal dan masyarakat umum. //Sik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close