POPULER

Bunga Rafflesia Arnoldi Bermekaran di Hutan Saniangbaka, Solok

Bunga Rafflesia Arnoldi Bermekaran di Hutan Saniangbaka, Solok

WARTAJOGLO, Solok - Di awal tahun 2023 bunga Rafflesia Arnoldi didapati bermekaran di Hutan Nagari Saniangbaka, Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Setelah bunga pertama mekar sempurna pada 19Januari 2023 lalu, bunga kedua pun ditemukan mulai mekar sempurna pada Senin 30 Januari. Sementara di sekitar bunga-bunga tersebut, juga ditemukan bonggol bunga yang siap mekar pada beberapa hari mendatang.

Koordinator Wisata Belukar Nagari Saniangbaka Muhammad Rizki mengaku baru mengetahui bunga langka itu mekar pada Senin (30/1) kemarin, yang merupakan bunga kedua mekar di tahun 2023 ini.

Bunga Rafflesia Arnoldi yang ditemukan mekar di Hutan Saniangbaka

"Bunga yang pertama mekar pada Kamis (19/1) kemarin, dan kali ini adalah mekar untuk yang ke dua kalinya," katanya.

Ia juga menyebutkan bunga Rafflesia yang mekar tersebut berdiameter 71 cm.

"Berdasarkan pemantauan kami, diperkirakan dalam tiga hari ke depan akan ada lagi bunga Rafflesia yang mekar," ujar dia.

Bunga Raflesia yang mekar tersebut tumbuh di hutan lindung Gaduang Beo. Sementara untuk sampai pada Rafflesia di Gaduang Beo, dibutuhkan perjalanan melewati hutan hingga satu jam lamanya.

"Untuk ke Gaduang Beo sendiri, dari parkiran motor bisa jalan kaki satu jam untuk sampai," ucapnya.

Kendati demikian menurut dia bagi pengunjung yang ingin melihat bunga Raflesia yang mekar secara langsung maka dapat menghubungi Pokdarwis Belukar.

“Dengan ketentuan bisa menjaga lingkungan dan harus di kawal oleh Pokdarwis Belukar sebagai penjagaan,” ucapnya.

Biasanya batas waktu bunga mekarnya Rafflesia tersebut diperkirakan akan bertahan selama tiga hingga lima hari ke depan. Setelah itu bunga tersebut akan layu. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close