POPULER

Hadiri Tingalan Jumenengan, Istri Bos Wong Solo Group Berharap Pariwisata Solo Semakin Maju

Hadiri Tingalan Jumenengan, Istri Bos Wong Solo Group Berharap Pariwisata Solo Semakin Maju

WARTAJOGLO, Solo - Pasca rekonsiliasi antara Lembaga Dewan Adat dengan Sinuhun Paku Buwono XIII beberapa waktu lalu, perubahan yang cukup signifikan terjadi di Keraton Surakarta Hadiningrat. Di mana keraton saat ini terasa kembali hidup dengan berbagai kemeriahannya.

Salah satunya terlihat dalam perhelatan hajad dalem tingalan jumenengan Sinuhun Paku Buwono XIII yang ke-19 pada Kamis 16 Februari 2023.

Ratusan tamu dari berbagai kalangan hadir berbaur dengan kerabat, sentana dan abdi dalem, untuk mengikuti jalannya prosesi sakral yang digelar setahun sekali tersebut.

Hajad dalem tingalan jumenengan sendiri adalah peringatan ulang tahun kenaikan tahta raja, dalam hal ini Sinuhun Paku Buwono XIII.

Anita Puspo Wardoyo (kiri) saat bertemu dengan KGPH Benowo (tengah)

Dari sekian banyak tamu yang datang, ada satu sosok yang terlihat cukup menarik perhatian, yakni Anita Visera Sridewi.

Mengaku baru pertama kali mengikuti acara tingalan jumenengan, Anita yang juga istri dari pimpinan Wong Solo Group H. Puspo Wardoyo tersebut, mengaku terpukau dengan acara keraton ini.

"Ini pertama kalinya saya ikut acara tingalan jumenengan. Tentunya saya merasa sangat beruntung diundang dalam acara ini. Semoga ke depannya bisa membangkitkan sektor pariwisata di Kota Solo," ujarnya usai mengikuti acara.

Anita memandang bahwa gelaran acara seperti tingalan jumenengan sangat penting untuk selalu dilestarikan. Sebab hal itu bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Kota Solo.

"Jujur saya sangat terkesan dengan acara tingalan jumenengan ini. Sebab acara ini mengangkat tradisi-tradisi yang ada di Kota Solo. Dan saya lihat bahwa Keraton Solo sempat cukup lama vakum (karena konflik dan pandemi). Makanya momentum saat ini bisa dimanfaatkan untuk mendongkrak pariwisata di Kota Solo," lanjutnya.

Sementara itu, kedatangan Anita juga tak luput dari perhatian salah satu adik Sinuhun Paku Buwono XIII yakni KGPH Benowo.

Benowo pun menyampaikan pujian atas kesediaan Anita yang mewakili Wong Solo Group, untuk menghadiri acara tingalan jumenengan.

"(Kedatangan perwakilan Wong Solo Group) kesan saya tentunya is the best, dan luar biasa. Sebab (animo masyarakat pada) peringatan tingalan jumenengan Sinuhun Paku Buwono XIII yang ke-19 ini di luar dugaan. Di mana banyak tamu dari kalangan pejabat, pengusaha serta artis yang dat5ang untuk menghadirinya," ucap Benowo yang berdiri di samping Anita.

Karena itu, Benowo berharap situasi ini bisa selalu dijaga, tentunya dengan tetap menjaga ketenangan di dalam keraton.

"Ini satu pertanda yang baik dan semoga terus terjaga. Dan ke depan mudah-mudahan pemerintah segera memeikirkan untuk melakukan revitalisasi pada bangunan keraton, yang sebagian besar telah mengalami kerusakan karena faktor usia," pungkasnya. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close