POPULER

Kolaborasi Gojek dan KAI Commuter Hadirkan GoTransit untuk Memberi Berbagai Kemudahan pada Masyarakat

Kolaborasi Gojek dan KAI Commuter Hadirkan GoTransit untuk Memberi Berbagai Kemudahan pada Masyarakat

WARTAJOGLO, Solo - Setelah sukses diterapkan di Commuterline Jabodetabek, GoTransit kini hadir di Commuterline Solo-Jogja dan Kereta Prambanan Ekspress Jogja-Kutoarjo.

GoTransit sendiri adalah fitur yang disediakan di aplikasi Gojek, untuk memberikan berbagai kemudahan kepada para penumpang Commuterline dan Prambanan Ekspress.

Fitur ini juga telah menjadi pilihan utama untuk penjualan tiket secara digital dengan pangsa pasar sebesar 74% pada September 2022. 

GoTransit juga mendorong penetrasi penggunaan tiket digital, sehingga penjualan tiket digital Kereta Commuter Indonesia (KCI) meningkat 300% atau 3 kali lipat pada akhir tahun 2022.

Dengan fitur ini, para pengguna KCI berkesempatan mendapat berbagai kemudahan, yang di antaranya pembelian tiket secara non-tunai dan tanpa ada deposit saldo.

Keuntungan yang lain adalah pembelian hingga empat tiket sekaligus dari satu aplikasi. Sehingga berguna jika bepergian bersama dengan banyak orang.

Selain itu, transaksi yang tercatat di aplikasi, memudahkan untuk melakukan pemantauan pengeluaran.

Dan keuntungan berikutnya adalah ketersediaan moda transportasi penghubung (feeder) berupa layanan transportasi GoRide atau GoCar dalam satu aplikasi.

Peresmian GoTransit di Pura Mangkunegaran

Peresmian GoTransit untuk wilayah Solo dan Yogyakarta dilakukan pada Kamis 23 Februari 2023 di Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta.

Peresmian dihadiri oleh manajemen Gojek dan KAI Commuter, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN dan pemerintah daerah Jawa Tengah dan Surakarta, serta tentunya Sri Paduka KGPAA Mangkunagoro X selaku tuan rumah, yang juga sebagai Komisaris PT KAI.

Dengan peresmian fitur ini diharapkan dapat jadi momentum pendorong kemudahan mobilitas masyarakat serta akses pariwisata antara dua wilayah, melalui layanan transportasi multimoda yang terintegrasi, nyaman dan efisien. 

Direktur Utama GoTo, Andre Soelistyo menjelaskan bahwa GoTransit menjadi salah satu produk ekosistem yang dapat mendukung pertumbuhan jangka panjang grup GoTo, khususnya dalam menarik konsumen baru yang mencari layanan mobilitas lengkap. 

"Dengan misi GoTransit untuk mendukung kemudahan mobilitas masyarakat serta akses pariwisata, hal ini menjadi salah satu cerminan bagaimana produk ekosistem GoTo dapat terus relevan menjawab kebutuhan masyarakat dan mendukung program pemerintah dalam menyediakan sarana transportasi publik yang terintegrasi.” ujarnya dalam sesi talk show di peresmian GoTransit.

Sementara Direktur Utama KAI Commuter - Suryawan Putra Hia menyebut bahwa seiring transformasi digital yang berjalan di KAI Commuter, pihaknya melihat perilaku pengguna commuter semakin menginginkan layanan yang mudah dan nyaman dalam menggunakan commuterline. 

"Dengan kolaborasi antara pelayanan commuterline dan layanan Gojek ini, dapat bermanfaat bagi masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk melakukan mobilitas ke tempat tujuannya,” katanya.

Data KAI Commuter menunjukkan sepanjang tahun 2022, total jumlah pengguna Commuterline Solo-Jogja dan kereta lokal Prambanan Ekspres mencapai 4,4 juta penumpang. 

Data ini menunjukkan moda transportasi commuterline menjadi pilihan utama masyarakat maupun wisatawan dalam melakukan mobilitas. Tercatat volume pengguna harian tertinggi mencapai 28 ribu orang lebih pada Oktober 2022. 

“Dengan berbagai kemudahan ini, diharapkan dapat mendorong minat masyarakat menggunakan transportasi publik kereta, terlebih dengan mobilitas masyarakat yang kembali normal," imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Sri Paduka Mangkunagoro X mengapresiasi serta memberi dukungan atas inovasi yang dihadirkan oleh KAI Commuter dan Gojek. 

“Kami mendukung penuh inovasi digitalisasi pembelian tiket melalui GoTransit di aplikasi Gojek sebagai titik awal untuk mendorong modernisasi pariwisata Surakarta, mendukung misi Mangkunegara dalam mempromosikan budaya Jawa melalui pariwisata. Kami harapkan ke depannya, kerjasama Gojek dan KAI Commuter ini menjadi contoh baik kolaborasi antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat seperti kami yang dilibatkan dalam memperkuat pariwisata di dalam negeri yang sejalan dengan nilai-nilai budaya,” tandasnya.

Untuk semakin mendukung minat masyarakat menggunakan layanan transportasi publik dan fitur GoTransit, mulai 27 Februari 2023 Gojek akan menyediakan penawaran khusus berupa kesempatan diskon 30% voucher layanan GoRide dari/ke stasiun-stasiun di wilayah Solo-Jogja. 

Syaratnya, pelanggan cukup membeli dan bertransaksi tiket Commuterline melalui fitur GoTransit. Ketentuan lengkap dan periode penawaran khusus dapat dicek secara berkala pada menu Mission di aplikasi Gojek. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close