POPULER

Luar Biasa, 96 persen Warga Solo, Puas dengan Kinerja Gibran

Luar Biasa, 96 persen Warga Solo, Puas dengan Kinerja Gibran

WARTAJOGLO, Solo - Dua tahun kepemimpinan Gibran Rakabuming Raka sebagai Wali Kota Surakarta dipandang berhasil.

Hal ini ditunjukkan dengan serangkaian program dan pembangunan infrastruktur di Kota Solo, yang diharapkan bisa mengatasi berbagai permasalahan yang ada.

Selain itu, sebuah survey indeks kepuasan masyarakat (IKM) tahun kedua Pemerintahan Gibran-Teguh yang dilakukan oleh Program Studi Magister Administrasi Publik (MAP) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menyebutkan tingkat kepuasan masyarakat mencapai 96 persen.

Dr, Suwardi selaku tim peneliti yang melakukan suvei untuk menilai kinerja pemerintahan Wali Kota Surakarta

Capaian 96 persen ini berarti ada peningkatan. Karena sebelumnya nilai yang didapat hanya 94 persen. 

"Dengan skor 1.709 dan angka rata-rata IKM 3,057 maka hal itu masuk kategori memuaskan. Yang artinya 96 persen masyarakat menyatakan puas dengan kinerja pemerintahan Gibran - Teguh," jelas Ketua Prodi MAP Unisri, Dr, Drs, H. Suwardi, M.Si, selaku pihak yang melakukan survey.

Survei IKM dilakukan dengan beberapa tahapan. Pertama elaborasi kajian teoritik menyangkut konsep dan variable, kedua penentuan metode penelitian yang tepat, ketiga proses pengumpulan data lapangan.

Keempat tabulasi data, kelima pemaknaan data, keenam analisis hasil penelitian dan ketujuh penyusunan laporan hasil penelitian untuk memenuhi dua target luaran sebagaimana dimaksud.

"Rapot nilai dari masyarakat untuk dua tahun pemerintahan Gibran - Teguh, sebesar 79,4 lebih tinggi dibanding tahun sebelumnya 2021 sebesar 79,3," jelasnya lagi.

Lebih lanjut Suwardi mengatakan untuk  kualitas nilai tahun 2022 lebih baik. Hal ini ditunjukan dengan frekuensi pemberian nilai 100 dan 99 yang lebih banyak. 

Namun rank nilai kinerja tahun 2022 lebih lebar (40-100) sedangkan tahun 2021 (50-100) 3. Ada tujuh aspek apresiasi capaian kinerja positif ditunjukan dengan data persepsi.

Yakni kualitas pelayanan aparatur pemkot di kantor lurah, camat dan balai kota, pengelolaan isu keamanan, pengaturan lalu lintas, pengaturan pedagang kaki lima, responsivitas pemkot atas persoalan warga.

Keberpihakan pemkot pada keluarga pra sejahtera, kebijakan pemerintah kota untuk mendorong perekonomian melalui pembangunan infrastruktur perkotaan. Serta penyelenggaraan berbagai event skala internasional, nasional maupun lokal lainnya.

"Selain sukses membangun Kota Solo, Gibran juga dipersepsikan sangat merakyat. Indeks score persepsi merakyat Gibran sebesar 1.837 dengan rerata score 3.3 kategori sangat merakyat," katanya.

Dalam survei tersebut juga ada perbandingan penilaian masyarakat antara Gibran dengan wali kota sebelumnya, FX Hadi Rudyatmo. 

Yang menunjukan bahwa masyarakat menempatkan Gibran lebih baik yakni 76,8 persen sedangkan Rudy hanya 12,3 persen. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close