POPULER

About

Lakukan Sidak, Ini yang Ditemukan Tim Satgas Pangan Kabupaten Wonogiri

Lakukan Sidak, Ini yang Ditemukan Tim Satgas Pangan Kabupaten Wonogiri

WARTAJOGLO, Wonogiri - Tim Satgas Pangan yang terdiri dari gabungan Polres Wonogiri, Dinas KUKM dan Disperidag Kabupaten Wonogiri melakukan  sidak di pasar pada Selasa (14/3/2023).

Tim tersebut melakukan pengecekan sembako di sejumlah lokasi, untuk mengetahui ketersediaan sembilan bahan pokok dan juga harga barang jelang lebaran.

Tim dari Polres Wonogiri dipimpin langsung oleh Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, yang didampingi Wakapolres beserta beberapa pejabat yang lain.

Tim Satgas Pangan Wonogiri saat melakukan sidak untuk mengecek ketersediaan stok barang jelang lebaran

Sedangkan Tim dari Dinas KUKM dan Disperindag Kab.Wonogiri dipimpin oleh Kadin Wahyu Widayati, yang didampingi oleh Kabid Perdagangan Perindag Kab. Wonogiri Nugroho Listiono.

"Tim melakukan pengecekan sembako di sejumlah lokasi dengan maksud untuk mengetahui ketersediaan barang sembilan bahan pokok dan juga harga barang tersebut mengalami kenaikan apa tidak selama bulan puasa sampai menjelang hari raya Idul Fitri," terang Kapolres.

Lokasi pertama, tim gabungan mendatangi Swalayan Luwes. Di sana, ketersedian sembako mencukupi dan tidak ada kenaikan harga sembako yang signifikan. 

Minyak Kita juga tersedia dengan harga Rp 14.000,-/ltr. Sementara gula Rp 13.300,- /Kg.

Sementara di Pasar Kota Wonogiri, ketersedian sembako mencukupi. Berdasarkan pantauan tim, harga minyak curah Rp 14.000,-/ltr) , gula  Rp 14.000,- /Kg dan Beras dengan rentang harga ( Rp 11.000,- s/d Rp 16.000,- ) tergantung dengan jenis beras.

"Namun ada satu komoditi yang mengalami kenaikan harga yaitu cabai rawit merah dengan harga Rp. 75.000,- /kg," terang Kapolres.

Di lokasi ketiga yakni Toserba Baru, ketersedian sembako mencukupi. Tidak ada kenaikan harga sembako yang signifikan.

Lokasi ke empat Tim Melakukan pengecekan di PT. Wings, dikarenakan perusahaan ini merupakan distributor bahan pokok yang cukup besar untuk wilayah wonogiri.

"Di sini ketersediaan dan stok di antaranya mie instan, minyak goreng dan berbagai jenis makanan dan minuman lainnya masih tercukupi sampai dengan Hari Raya.," jelas AKBP Indra.

Terakhir, Tim Satgas Pangan mengunjungi Gudang BULOG yang berlokasi di Desa Gedong Kecamatan Ngadirojo. 

Di sini tim mendapati jumlah ketersediaan beras baik dari beras dalam negeri dan juga terdapat beras premium BULOG yang impor dari Thailand. masih mencukupi sampai dengan hari raya. 

Selain itu diketahui BULOG akan melakukan operasi ke pasar mulai besok pagi di Kecamatan Jatisrono dan Kismantoro dengan harga eceran tertinggi Rp. 9.450,-

“Kami dari Tim Satgas Pangan Gabungan juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak panik (Panic Buying) terhadap bahan pokok, meski mungkin nantinya terdapat kenaikan harga yang signifikan, Kami akan terus mengawasi pergerakan kenaikan harga, sehingga harga bahan pokok terjangkau bagi masyarakat Wonogiri dan tercukupi," tandas Kapolres. //Sik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close