POPULER

Manusia Disebut Sudah Mengolah Anggur Sejak 11 Ribu Tahun Lalu

Manusia Disebut Sudah Mengolah Anggur Sejak 11 Ribu Tahun Lalu

WARTAJOGLO - Domestikasi berbagai ekotipe anggur liar disebut telah dilakukan manusia sejak 11 ribu tahun yang lalu.

Dalam sebuah penelitian, hal ini terjadi di wilayah Asia Barat dan Kauskasus, hingga kemudian menghasilkan anggur meja serta anggur untuk minuman atau wine.

Penelitian tersebut dilakukan oleh 89 ilmuwan dari China dan luar negeri dan diterbitkan di jurnal Science pada Jumat 3 Maret 2023, serta terpilih sebagai artikel utama.

Domestikasi anggur sudah dilakukan manusia sejak 11 ribu tahun lalu

Menurut makalah tersebut, "Domestikasi Asia Barat menyebar ke Eropa bersama dengan para petani awal, mengalami introgresi dengan ekotipe barat liar kuno, kemudian terdiversifikasi di sepanjang jalur migrasi manusia menjadi (anggur) muscat dan silsilah anggur wine barat yang unik pada akhir (zaman) Neolitikum."
 
Analisis terhadap sifat domestikasi juga mengungkapkan wawasan baru tentang seleksi untuk palatabilitas, hermafroditisme, rasa muscat, dan warna kulit buah beri.

Dong Yang, seorang profesor di Universitas Pertanian Yunnan, beserta timnya mengumpulkan sekitar 5.000 sumber daya genetik anggur di seluruh dunia, menghabiskan waktu selama tiga tahun untuk merampungkan analisis genom, serta memetakan genom referensi dari tanaman anggur yang dibudidayakan.

Tim itu mengatakan bahwa hasil penelitian tersebut mendukung penelitian genomik fungsional dan pemuliaan anggur. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close