POPULER

Jelang Lebaran, Ribuan Warga Solo Dapat Paket Sembako dari Solo Bersama Selamanya

Jelang Lebaran, Ribuan Warga Solo Dapat Paket Sembako dari Solo Bersama Selamanya

WARTAJOGLO, Solo - Sedikitnya 10 ribu paket sembako dibagikan ke warga Kota Solo pada Minggu 16 April 2023 di Benteng Vastenburg, dalam acara Solo Bersama Selamanya (SBS) Peduli Lebaran.

Paket sembako ini sendiri dikumpulkan dari hasil donasi para pengusaha, dan berbagai kelompok masyarakat yang tergabung dalam gerakan Solo Bersama Selamanya.

"Ini adalah tahun ke-17 bagi Solo Bersama Selamanya menggelar kegiatan berbagi sembako jelang lebaran. Dan seperti biasanya kita sediakan sekitar 10 ribu paket untuk dibagikan ke warga Kota Solo," ujar Tanu Kismanto dalam sambutannya.

Mengingat begitu banyaknya paket yang dibagikan, pihak panitia menerapkan mekanisme khusus agar warga bisa tertib saat mengambil.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat ikut membagikan paket sembako dalam acara SBS Peduli Lebaran

Selain wajib memiliki kupon yang telah dibagikan sebelumnya, warga juga harus mencelupkan jarinya ke dalam tinta, sebagai tanda sudah mendapatkan paket.

Dan benar, meski ribuan warga telah mengantri untuk mendapatkan sembako itu, namun mereka bisa ditata dengan tertib. Sehingga tidak sampai terjadi insiden apapun.

“Kupon telah dibagikan sebelumnya kepada ibu-ibu pasar, tukang sapu jalan, petugas kebersihan kampung, hingga penjaga kereta api. Mudah-mudahan tepat sasaran,” lanjut Tanu.

Sebelum proses pembagian dilakukan, digelar seremoni pembagian secara simbolis yang dilakukan oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka beserta jajaran Forkompimda dan para tokoh masyarakat Kota Solo.

Acara juga diisi dengan ritual pelepasan burung merpati putih oleh Wali Kota dan para tokoh masyarakat yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini.

“Terima kasih untuk bantuan dari SBS yang setiap tahun rutin untuk memberikan santunan untuk warga. Ini luar biasa sekali, tujuh belas tahun tidak pernah putus. Sekali lagi terima kasih,” ucap Gibran.

Dari sekian ribu warga yang ikut antri mendapatkan sembako, ada slah seorang yang terlihat cukup menarik perhatian.

Dia adalah Sukamah, wanita 90 tahun asal Kampung Baru Kota Solo. 

Di tengah usianya yang sudah sangat senja, Sukamah nekat ikut antri sambil naik becak.

Hal ini dilakukan lantaran dia ingin bisa ikut bersuka cita dengan paket smebako itu, saat lebaran nanti.

"Terima kasih sudah diberi sembako. Nanti bisa buat lebaran," akunya. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close