POPULER

Ukir Sejarah Baru, PT HATI Sukses Ekspor Perdana MakanKu ke Arab Saudi

Ukir Sejarah Baru, PT HATI Sukses Ekspor Perdana MakanKu ke Arab Saudi

WARTAJOGLO, Solo - Sejarah baru diukir oleh PT Halalan Thayyiban Indonesia (HATI), yang merupakan bagian dari Wong Solo Group.

Ini setelah perusahaan yang didirikan oleh pengusaha kuliner H. Puspo Wardoyo tersebut, memulai ekspor perdana produk makanan siap saji MakanKu ke Arab Saudi.

Dengan ekspor ini diharapkan permasalahan pemenuhan kebutuhan konsumsi bagi jamaah haji dan umrah bisa terselesaikan.

Sebab selama ini untuk konsumsi, para jamaah selalu mendapatkan fresh food tapi yang sudah tidak fresh lagi, lantaran waktu distribusi yang sangat lama.

Prosesi pelepasan ekspor perdana produk MakanKu ke Arab Saudi

"Untuk distribusi makanan, di sana bisa mencapai 15 jam. Sehingga makanan yang harusnya fresh, diterima oleh jamaah dalam kondisi yang sudah tidak fresh lagi. Makanya dengan MakanKu ini, permasalahn itu akan teratasi. Sebab para jamaah cukup menyiapkan sendiri makanannya sesuai petunjuk, tanpa repot dan tanpa lama," jelas H. Puspo Wardoyo dalam sambutannya di acara pelepasan ekspor perdana MakanKu pada Jumat 14 April 2023 di Showroom MakanKu, Pabelan, Surakarta.

Pada ekspor perdana ini sedikitnya 1.275.000 paket MakanKu diberangkatkan ke Arab Saudi. 

Untuk penyediaan konsumsi haji dan umrah ini, PT HATI bekerja sama dengan Motawifs Pilgrims for South-East Asia Countries Company (Mashariq), yang merupakan perusahaan makanan terbesar di Arab Saudi.

"Nilai kerja samanya mencapai 66, 9 miliar Rupiah," lanjut Puspo Wardoyo.

Pelepasan ekspor perdana ini menjadi sebuah gebrakan baru bagi kemajuan serta berkembangnya ekonomi Indonesia terutama di daerah Solo dan sekitarnya. 

Sebab selama ini untuk penyediaan konsumsi haji dan umrah selalu dipegang oleh operator dari luar negeri, yang notabene jumlah penduduk muslimnya sedikit.

"Kami selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik. Karena itulah kami punya slogan, Kami Hadir untuk Menyukseskan Haji dan Umrah Anda.  Sebab dengan kehadiran MakanKu, maka para jamaah bisa menikmati makanan yang lezat dan fresh dengan mudah. Sehingga ibadah mereka tidak harus terganggu karena memikirkan makan," tandas Puspo.

Sementara itu Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas yang ikut hadir dalam pelepasan ekspor perdana ini menyebut bahwa, apa yang dilakukan PT HATI menjadi satu prestasi tersendiri.

Sebab dengan ekspor ini, maka akan ada devisa yang kembali ke Indonesia.

"Selama ini kita hanya mengirimkan ratusan ribu jamaah haji dan umrah dengan nilai hingga puluhan triliun. Tapi tidak ada sedikitpun keuntungan material yang kembali ke negara kita. Karena itulah dengan ekspor MakanKu ini, diharapkan ada sedikit bagian yang bisa dirasakanj bangsa ini, dari begitu besarnya jumlah jamaah haji yang berangkat ke Makkah," ujarnya.  

Yaqut menjelaskan bahwa peningkatan ekonomi bisa terjadi dari ekspor MakanKu. Sebab di balik penyediaan produk ini ada keterlibatan banyak sektor UMKM. 

"Ini sangat bagus sekali, karena bisa mendorong produk Indonesia masuk ke sana (Arab Saudi). Dan yang terpenting adalah ekosistem yang melibatkan banyak pihak, baik itu petani, peternak, serta UMKM. Sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," lanjutnya.

Pelepasan ekspor dttandai dengan pengguntingan rangkaian bunga melati oleh H. Puspo Wardoyo, Rois 'Aam PBNU KH. Miftachul Akhyar, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, KH Anwar Iskandar serta Sekjend PBNU Syaifullah Yusuf. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close