POPULER

Dorong Pengembangan UMKM, Smartfren Community Solo Gelar Pelatihan Google Bisnis

Dorong Pengembangan UMKM, Smartfren Community Solo Gelar Pelatihan Google Bisnis

WARTAJOGLO, Solo - Di era digital saat ini, pemanfaatan teknologi adalah sebuah keniscayaan, terutama dalam upaya untuk pengembangan bisnis.

Dan salah satu teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk membantu pengembangan bisnis adalah aplikasi Google Bisnis.

Sebab dengan aplikasi ini, para pelaku bisnis bisa dengan mudah melakukan branding serta menginformasikan lokasi tempat usahanya.

Hal itu pula yang selanjutnya dibidik oleh Smartfren Community Solo (SCS), untuk membantu para pelaku UMKM di Kota Solo bisa naik kelas.

Pakar Multimedia Dr. Bambang Eka Purnama saat menyampaikan materi tentang pemanfaatan Google Bisnis

Mereka lantas mengumpulkan para pelaku UMKM di wilayah Solo raya dan memberikan workshop tentang pemanfaatan aplikasi Google Bisnis, untuk membantu pengembangan usaha mereka.

"Smartfren Community Solo ini kan punya salah satu program yang disebut Teman Kreasi, dan selama ini melakukan pendampingan terhadap para pelaku UMKM agar bisa semakin berkembang. Nah salah satu yang dilakukan adalah dengan memberikan pelatihan tentang pemanfaatan teknologi, dalam hal ini Google Bisnis, agar usaha mereka semakin dikenal," jelas Linda Oktaviana, Community Development Smartfren saat ditemui di lokasi workshop pada Kamis 25 Mei 2023.

Workshop sendiri digelar di sebuah hotel di kawasan Kalilarangan Kota Solo, dan secara kesinambungan akan berpindah ke beberapa wilayah lain.

Untuk workshop pemanfaatan Google Bisnis ini,  SCS menghadirkan pakar multimedia yang juga Ketua Umum Asosiasi Pekerja Multimedia Indonesia (APMI) Dr. Bambang Eka Purnama.

Dalam paparannya Bambang yang juga seorang dosen di sebuah universitas swasta kenamaan di Indonesia ini menjelaskan terkait keunggulan dan cara pemanfaatan Google Bisnis, kepada para peserta workshop.

Dan menariknya, banyak di antara para pelaku usaha ini yang belum akrab dengan aplikasi buatan Google yang satu ini.

Sehingga saat mulai dikenalkan dan dituntun cara mengoperasikannya, beberapa di antara mereka yang rata-rata adalah wanita, cukup kebingungan.

"Saat ini teman-teman UMKM kita ajari untuk memanfaatkan Google Bisnis, yang mana dengan aplikasi ini maka tempat usaha mereka akan lebih dikenal. Sebab dengan aplikasi ini, maka lokasi tempat usaha kita akan tercatat secara digital, yang kemudian setiap orang bisa dengan mudah mengakses serta memberikan ulasan. Dengan begitu maka branding dari tempat usaha itu semakin meningkat," jelas Bambang.

Bambang juga menyebut bahwa aplikasi ini sangat efektif dan lebih baik daripada media sosial. Salah satu penyebabnya adalah keberadaan map lokasi tempat usaha, yang bisa langsung dilacak oleh mereka yang sedang mencarinya.

"Aplikasi ini sangat efektif, karena kita bisa langsung melacak dari map yang tersedia. Dan itu sangat akurat, karena kita sendiri yang menentukan lokasinya. Sementara kalau dari metode lain seperti postingan ataupun media sosial, kita hanya dapat ulasan saja, tanpa tahu pasti di mana lokasinya," tandas Bambang. //Sik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close