TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Gelar KPMD di Kota Solo, Ini yang Diharapkan Tokopedia untuk Perempuan di Solo Raya

WARTAJOGLO, Solo - Demi mendorong pemulihan ekonomi nasional, Tokopedia terus menunjukkan komitmen untuk mempermudah masyarakat menemukan segala kebutuhan, sekaligus mendukung perkembangan UMKM lokal, termasuk UMKM Perempuan.. 

Hal tersebut salah satunya diwujudkan lewat Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD). 

Kegiatan yang telah konsisten dilakukan sejak 2022 ini, telah dilakukan di beberapa wilayah termasuk Bali, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Semarang.

Kali ini, Tokopedia kembali berkolaborasi dengan mitra strategis, UPRINTIS dan Tim Penggerak PKK Jawa Tengah mengadakan KPMD Surakarta, yang mengangkat tema “Dukung Perempuan Tangguh Makin Berdaya di Era Digital”. 

Novita Hardini saat menyampaikan materi dalam KPMD yang digelar Tokopedia

KPMD Surakarta diikuti sekitar 160 UMKM lokal Surakarta dan sekitarnya secara luring di Syariah
Hotel Solo pada Senin 22 Mei 2023. 

"KPMD merupakan salah satu upaya Tokopedia dalam mendukung tumbuh-kembang UMKM lokal, khususnya UMKM perempuan di seluruh Indonesia, termasuk Surakarta. Melalui KPMD, Tokopedia memberikan wadah untuk berbagi pengalaman mengenai peran, tantangan serta peluang yang dihadapi oleh UMKM perempuan dalam menghadapi proses digitalisasi,” jelas Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Daerah Tokopedia, Emmiryzan.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah, Nawal Nur Arafah yang turut hadir dalam acara mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi dan mendukung upaya Tokopedia dalam mendorong kemajuan UMKM perempuan di Surakarta.

“Mengingat pentingnya peranan perempuan baik untuk mendukung perekonomian rumah tangga maupun mendukung perekonomian nasional. Semoga dengan mengikuti KPMD, para UMKM perempuan di Surakarta bisa naik kelas agar siap bersaing dan mampu memperluas pasar secara nasional,” ujarnya.

Sementara itu Commissioner President UPRINTIS Indonesia, Novita Hardini menyampaikan bahwa Tokopedia dan UPRINTIS memiliki visi yang selaras, untuk menciptakan kesempatan yang setara antar gender, khususnya bagi UMKM perempuan.

“Harapannya, agar UMKM perempuan termasuk di Surakarta bisa meningkatkan kemampuan berbisnis secara digital, mulai dari promosi, memperluas jaringan bisnis, hingga mengelola keuangan dengan baik,” terangnya.

Lewat Inisiatif Hyperlocal, Tokopedia memberikan panggung seluas-luasnya kepada pegiat usaha lokal untuk mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi. 

Salah satunya dengan mengusung teknologi geo tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli setempat, agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

“Data internal Tokopedia mengungkapkan bahwa jumlah penjual di Kabupaten Sukoharjo meningkat hampir 2 kali lipat pada periode April 2023 dibandingkan dengan periode kuartal I 2023. Sementara itu, jumlah pembeli di Kota Surakarta juga menunjukkan peningkatan hampir 1,5 kali lipat dan jumlah pembeli di Kab. Sukoharjo juga naik hampir 1,5 kali lipat pada periode yang sama” terang Emmiryzan.

Pada kesempatan yang sama, Tokopedia menyampaikan bahwa didorong inisiatif Hyperlocal, kategori Fesyen, Kesehatan, Makanan & Minuman, Elektronik, dan Otomotif menjadi yang kategori dengan transaksi tertinggi di Kota Surakarta pada April 2023. 

Sementara di Sukoharjo, kategori Otomotif, Elektronik, Fesyen, Kesehatan, serta Gadget menjadi yang paling populer pada April 2023.

Inisiatif Hyperlocal ini dimanifestasikan melalui beragam program seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Waktu Indonesia Belanja (WIB) hingga Dilayani Tokopedia. 

“Data internal Tokopedia mengungkapkan bahwa jumlah penjual yang mengikuti kampanye KTP di Kab. Sukoharjo mengalami kenaikan lebih dari 3,5x lipat pada April 2023 dibandingkan dengan rata-rata kuartal I 2023,” tambah Emmiryzan.

Di sisi lain, Tokopedia mengungkapkan bahwa kecamatan di Kota Surakarta dengan transaksi Dilayani Tokopedia tertinggi periode April 2023 yakni. Banjarsari,  Jebres, Laweyan, Pasar Kliwon, dan Serengan. 

Sedangkan pada periode yang sama pula, kecamatan di Kab. Sukoharjo dengan transaksi Dilayani Tokopedia tertinggi yaitu Kartasura, Grogol, Sukoharjo, Baki, dan Mojolaban.

“Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa dalam mendukung para pegiat usaha lokal termasuk UMKM dalam memulai hingga mengembangkan bisnisnya dengan pemanfaatan teknologi. Harapannya agar para pelaku usaha lokal dapat meraja di negeri sendiri,” pungkas Emmiryzan. //Bang

Type above and press Enter to search.

close