POPULER

Muhammad Al Amin: Kota Solo Berpotensi Kembangkan Wisata Bantaran Sungai

Muhammad Al Amin: Kota Solo Berpotensi Kembangkan Wisata Bantaran Sungai

WARTAJOGLO, Solo - Pengembangan potensi wisata di wilayah Solo raya menjadi perhatian tersendiri bagi anggota DPRD Kota Surakarta, Muhammad Al Amin.

Yang mana menurutjnya wilayah Solo raya ini memiliki sumber daya wisata yang sangat besar, salah satunya aliran sungai Bengawan Solo.

Amin menyebut bahwa sepanjang aliran sungai Bengawan Solo dan anak-anak sungainya, bila dikelola dengan baik bisa menjadi sumber pendapatan luar biasa untuk daerah.

Hal ini berkaca dari pengalamannya saat mengikuti paket perjalanan wisata bersepeda ke wilayah Putrajaya Malaysia, beberapa tahun lalu. 

Muhammad Al Amin

Dalam paket perjalanan itu, dirinya dan rombongan dibawa ke suatu tempat yang berada di dekat aliran sungai, yang mana di situ tersedia berbagai fasilitas lengkap untuk bersepeda, jogging dan lain-lain.

"Saat itu kita bersepeda menyusuri jalur berkelok-kelok di sepanjang aliran sungai, yang mana di beberapa titik dibuat taman yang indah. Sehingga kita bisa istirahat sambil menikmati suasana di sana," ujar Amin dalam sebuah perbincangan santai di rumahnya beberapa waktu lalu.

Dari pengalamannya itu, Amin pun sempat melontarkan gagasan dalam sebuah rapat Komisi IV tempatnya bernaung, terkait upaya pengembangan kawasan aliran sungai untuk destinasi wisata.

Namun sepertinya sampai saat ini belum ada tindak lanjut yang signifikan, terkait idenya itu. Dan Amin sendiri mengaku tidak tahu, kenapa idenya belum benar-benar direalisasikan.

"Saya melihat wilayah Solo raya ini memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan wisata yang memanfaatkan kawaan di sepanjang aliran sungai. Sebab di sini banyak sungai termasuk salah satunya yang terbesar adalah Bengawan Solo. Makanya saya menyampaikan gagasan untuk memanfaatkan kawasan-kawasan itu, untuk meningkatkan PAD," ungkapnya.

Amin pun memuji keberadaan beberapa tempat wisata yang saat ini berdiri memanfaatkan kawasan bantaran sungai, seperti Kali Pepe Land dan Waduk Cengklik di Boyolali ataupun Sunan Jogo Kali di Kota Solo.

Karenanya dia berharap agar destinasi-destinasi wisata seperti ini bisa lebih banyak lagi, agar kawasan bantaran sungai tidak dimanfaatkan untuk bangunan liar yang kumuh.

Kawasan Kali Pepe Land

"Dalam pengembangan kawasan wisata (di sepanjang aliran sungai) ini, sinergi antar instansi terkait sangat diperlukan. Sehingga jangan sampai terjadi benturan kepentingan, yang justru memunculkan permasalahan baru dalam pengembangan kawasan tersebut," tandasnya.

Terkait Kali Pepe Land, Amin mengatakan bahwa konsep yang ditawarkan tempat wisata ini cukup baik, di mana di dalamnya terdapat track untuk jogging dan bersepeda, serta dilengkapi pemandangan taman yang asri.

"Saya dengar konsep dari Kali Pepe Land cukup bagus, nanti kalau pas (ada waktu) longgar, saya mau berkunjung ke sana," pungkasnya. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close