POPULER

About

SRIPA 2023, Ajak Mahasiswa Unisri Paham Dinamika Politik Jelang Pesta Demokrasi

SRIPA 2023, Ajak Mahasiswa Unisri Paham Dinamika Politik Jelang Pesta Demokrasi

WARTAJOGLO, Solo - Himpunan Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara (HIMADI) FISIP Universitas Slamet Riyadi  (Unisri) Surakarta menggelar Slamet Riyadi Conference On Publik Administration (SRIPA) 2023.

Digelar di Ruang Auditorium Unisri, acara ini diikuti oleh 250 mahasiswa Prodi Administrasi Negara pada 23 Mei 2023.

Menurut ketua pelaksana, Febri Yudhistira, dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja tahunan di HIMADI. 

Acara SRIPA 2023 mengambil tema "Pemilu Sarana Penguatan Nilai- Nilai Kebangsaan Menuju Indonesia Emas 2045". 

Penyampaian materi oleh pembicara dalam SRIPA 2023

Adapun beberapa rangkaian kegiatan antara lain Lomba Penulisan Karya Ilmiah/ paper,  Penguploadan/ Reprosiding Karya ilmiah di jurnal berISSN terindeks google scholar dan Garuda IPI, serta Seminar Nasional sebagai puncak kegiatan SRIPA tahun 2023 kali ini.

Lomba Karya Ilmiah /paper ini berupa penelitian, critical review, refleksi teoritis maupun pratik sesuai tematik mengenai Pemilu Sarana Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Menuju Indonesia Emas 2045. 

Paper terdiri atas tiga sub tema yaitu : Persaingan ideologi politik menjelang pemilu 2024 , Penguatan arus politik dinasti pemilu 2024, serta Membangun kapabilitas political personal menuju sukses pemilu 2024.

Dalam proses perlombaan Karya ilmiah tersebut diambil yang terbaik dengan 2 kategori lomba Umum/ Dosen dan Mahasiswa. Dan diambil 5 hasil terbaik dari lomba penulisan karya ilmiah tersebut. 

Pemenang karya terbaik hasil lomba karya ilmiah dengan juara dalam kategori dosen yaitu Dr. Purbayakti Kusuma Wijayanto, S.sos, M.Si, (dosen AN UNISRI). Sedangkan kategori mahasiswa dimenangkan oleh Daei Aljanni (Mahasiswa UNISRI).

Seminar Nasional dalam puncak SRIPA 2023 kali ini menghadirkan tokoh-tokoh Politik (Eksekutif dan Legislatif) antara lain Aria Bima (Wakil Ketua Komisi 6 DPR-RI ), Yulianto Sudrajat, S.Sos,.M.I.Kom ( Komisioner KPU RI), Nurul Sutarti, SP., M.Si( Ketua KPU Kota Surakarta), Novi Carlina ( Ketua HIMADI ), Sri Lestari (Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Ormas, Kesbangpol Surakarta) dan Drs. Mohammad Thoha S.Sos,.M.Si ( Anggota Komisi 2 DPR-RI). 

"Kami berharap kegiatan ini dapat  memberikan manfaat bagi semua mahasiswa Prodi Administrasi agar lebih baik lagi ke depannya," ujar Febri Yudistira selaku ketua panitia. 

Acara dibuka oleh Dr. Joko Pramono S.Sos,M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan kerjasama. 

Dalam  sambutannya Joko Mengingatkan kepada para mahasiswa terkait pesta demokrasi di tahun politik. 

"Pada tahun ini kita memasuki tahun-tahun pesta demokrasi. Karena itu mahasiswa harus pandai dalam menyikapi hal-hal dinamika politik saat ini. Jangan sampai terjebak pada politik praktis yang tidak sehat. Dan mahasiswa harus memiliki gagasan serta kontribusi positif, agar pemilu esok hari dapat menjadi ajang demokrasi yang bermartabat," jelasnya. 

Sementara anggota DPRRI Mohammad Thoha mengingatkan agar mahasiswa bisa memahami peta perpolitikan. 

"Mahasiswa harus paham dan peka terhadap perpolitikan Indonesia saat ini, " katanya. //Lis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close