POPULER

Jelang Pementasan SIPA 2023, Sang Maskot Siap Persembahkan Penampilan Terbaik

Jelang Pementasan SIPA 2023, Sang Maskot Siap Persembahkan Penampilan Terbaik

WARTAJOGLO, Solo - Jelang pementasan Solo International Performing Arts (SIPA) 2023 yang akan digelar di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah pada tanggal 31 Agustus hingga 2 September 2023 mendatang, para pengisi acara telah siap menampilkan yang terbaik.

Hal itu disampaikan oleh Maskot SIPA Wirastuti Anggraeni beserta para pengisi acara yang lain, dalam acara press conference pada Selasa 29 Agustus 2023 di Pendapa Balai Kota Surakarta.

"Tentunya kami siap menampilkan yang terbaik pada acara SIPA nanti. Dan untuk itu segala persiapan sudah saya lakukan. Semua demi SIPA," ujar Wirastuti atau yang akrab disapa Tutut ini.

Direktur SIPA Irawati Kusumorasri (kiri) bersama para pengisi acara

Tahun ini merupakan kali ke-15 SIPA diselenggarakan sejak pertama kali digelar pada tahun 2009. Pergelaran mahakarya seni internasional ini akan menampilkan seni tari, seni musik, dan seni teater dari Indonesia dan mancanegara.

Festival seni pertunjukkan yang menjadi agenda tahunan Kota Solo ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta bekerjasama dengan SIPA Community dan Semarak Candrakirana Art Center. 

Penyelenggaraan SIPA juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Panggung SIPA 2023 akan dimeriahkan oleh delegasi berbagai komunitas dan sanggar seni baik dari dalam negeri mau pun luar negeri. 

Delegasi dalam negeri datang dari Riau, Medan, Yogyakarta, Solo, Banjarmasin, Bandung, Kendari, Kupang, Kalimantan Tengah, dan Tenggarong, Kutai Kartanegara. Delegasi luar negeri dari tujuh negara, yakni Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Lithuania, Jepang, dan Taiwan.

Event budaya SIPA akan diselenggarakan dengan konsep hybrid selama tiga malam berturut-turut dan dapat disaksikan oleh masyarakat umum secara gratis mulai pukul 19.00 WIB. 

Selain diselenggarakan secara langsung di Benteng Vastenburg Solo, panggung acara juga disiarkan secara daring melalui kanal YouTube SIPA Festival. 

Benteng Vastenburg dipilih sebagai lokasi pergelaran karena memiliki nilai heritage dan kawasannya yang strategis.

Penyelenggaraan SIPA 2023 juga menggandeng pelaku UMKM melalui sebuah kemasan kegiatan art mart bertajuk SIPA Urban Market. 

Program SIPA Urban Market merupakan terobosan baru dari penyelenggaraan SIPA untuk memberikan ruang bagi pelaku UMKM di Kota Solo. 

Berbagai produk berupa makanan-minuman, fashion, kerajinan dan lain-lain yang berbasis budaya masyarakat Solo akan dihadirkan dalam pasar kreatif ini.

Pergelaran SIPA sebagai bagian dari event budaya juga turut mengemban visi dan misi untuk kemajuan kehidupan Kota Solo. 

Visi sebagai sarana untuk pelestarian dan pengembangan seni pertunjukan, sedangkan misinya sebagai bagian dari revitalisasi pariwisata Kota Solo. 

Revitalisasi pariwisata menempatkan event budaya pergelaran SIPA sebagai bagian dari destinasi branding dengan seni pertunjukan sebagai selling point-nya. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close