TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Kenalkan Diversifikasi Pangan, Mahasiswa KKN 125 UNS Demo Pembuatan Donat Ubi di Desa Doplang Karanganyar

WARTAJOGLO, Karanganyar - Desa Doplang yang berada di wilayah Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menjadi salah satu desa yang dijadikan lokasi Kuliah kerja Nyata (KKN) oleh mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Dan Kelompok 125 KKN Tematik – MBKM merupakan salah satu kelompok yang melaksanakan program KKN di Desa Doplang.

Tema besar “Pemberdayaan Masyarakat di bidang Diversifikasi Pangan, Kesehatan, dan Pengelolaan Lingkungan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”, diangkat untuk KKN di desa ini. 

Terkait tema tersebut, salah satu program unggulan kelompok KKN 125 UNS adalah demonstrasi pembuatan donat dengan bahan dasar ubi yang dalam hal ini ubi jalar. 

Mahasiswa KKN Kelompok 125 UNS sedang menunjukkan cara membuat donat berbahan ubi jalar

Program ini dilaksanakan pada 30 Juli 2023 di Desa Doplang tepatnya di Dusun Tomosiyo. 

Demonstrasi pembuatan donat berbahan dasar ubi jalar ini memiliki tujuan utama untuk mengenalkan pada masyarakat, mengenai keberagaman (diversifikasi) pangan dan pangan fungsional yang akan mendukung kesehatan masyarakat. 

Pangan fungsional dapat diartikan sebagai bahan makanan baik dalam bentuk mentah maupun olahan, yang memiliki fungsi kesehatan lain, selain fungsi utamanya. 

Dan terkait dengan donat, makanan yang biasanya dibuat dengan bahan dasar tepung terigu ini dapat ditambahkan dengan bahan pangan lain, yaitu ubi jalar, yang memiliki nilai gizi yang baik.

Dalam kegiatan ini, dilaksanakan pula sosialisasi mengenai pangan fungsional dan diversifikasi pangan sebagai awalan. 

Selain itu, dalam kegiatan ini diberikan pula pamflet yang berisi edukasi mengenai pangan fungsional dan diversifikasi pangan, serta tata cara membuat donat berbahan dasar ubi jalar. 

Demonstrasi pembuatan donat berbahan dasar ubi jalar ini dilakukan dari tahap pencampuran bahan hingga langkah terakhir, sebelum dilakukan penggorengan. 

Namun, tim KKN 125 UNS juga menyediakan sampel donat yang telah matang dan juga memberikan pelatihan mengenai cara menggoreng donat yang benar.

Antusiasme Masyarakat sangat terasa yang dibuktikan dengan jumlah peserta yang mencapai 30 orang meskipun acara dilaksanakan pada siang hari yang cukup terik. 

Tim KKN 125 UNS berharap semoga kegiatan ini selain mengenalkan mengenai diversifikasi pangan dan pangan fungsional juga dapat memberikan skill tambahan, dan menjadikan ide usaha baru bagi Masyarakat Dusun Tomosiyo. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan pula agar masyarakat semakin memahami mengenai potensi pengolahan pangan fungsional yang ada di sekitarnya. //

Kelompok 125 KKN UNS:
1. Al Faiza Akbar
2. Andrivian Fatma
3. Anggita Intan Cahyani
4. Carissa Azmi Shabirah
5. Evangelica Dian Perdana
6. Fauzyah Fasya Ayumi
7. Inas Mazinatul Mufidah
8. Indah Kusuma Wardani
9. Kirana Devi Laksmi
10. Kevin Cornelius Pratama Nugroho

Type above and press Enter to search.