POPULER

Pahami Pawukon dan Aksara Jawa, Mahasiswa ISI Surakarta Jalani Kuliah Luar Kampus di Museum Radya Pustaka

Pahami Pawukon dan Aksara Jawa, Mahasiswa ISI Surakarta Jalani Kuliah Luar Kampus di Museum Radya Pustaka

WARTAJOGLO, Solo - Sedikitnya 90 mahasiswa dari Prodi DKV FSRD Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan mahasiswa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terlihat sangat antusias mengikuti kuliah luar kampus, pada Sabtu 4 November 2023.

Adapun mahasiswa MBKM berasal dari Universitas Pasundan Bandung, serta ada pula Dharma Siswa dari Rumania.

Dalam kegiatan kuliah di luar kampus ini mereka mengunjungi Museum Radya Pustaka Surakarta.

Sambil melihat koleksi Pawukon yang dipajang di dinding, mahasiswa tampak menikmati dan antusias mendengarkan penjelasan dari Ki Totok Yasmiran.

Para mahasiswa memperhatikan dengan seksama penjelasan terkait gambar-gambar pawukon

Ki Totok Yasmiran adalah seorang ahli dari Museum Radya Pustaka memberikan pemaparan mendalam tentang Pawukon dan Aksara Jawa kepada para mahasiswa. 

Ki Totok Yasmiran membagikan pengetahuannya dengan lengkap terkait asal-usul, sejarah, dan penggunaan Pawukon serta Aksara Jawa dalam kehidupan sehari-hari.

Kuliah luar kampus dari MK Tipografi Nusantara yang merupakan bagian dari kurikulum Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dengan tujuan dari kegiatan ini untuk mempelajari Pawukon dan Aksara Jawa, aspek penting dari warisan budaya Nusantara. 

MK Tipografi Nusantara semester III diampu oleh tim dosen yang terdiri dari Dr. Taufik Murtono, S.Sn., M.Sn., Ipung Kurniawan Yunianto, S.Sn., M.Sn., ACP, dan Suci Pravitasari, S.Sn., M.Sn.

Mereka memandu mahasiswa selama kegiatan ini, memberikan panduan dan pemahaman yang mendalam tentang Pawukon dan Aksara Jawa.

Setelah mengikuti kegiatan ini, para mahasiswa mengaku bahwa kegiatan ini memberikan wawasan yang mendalam tentang budaya Jawa, dan memperkaya pengetahuan mereka dalam bidang Tipografi Nusantara. 

Mahasiswa juga merasa beruntung dapat belajar langsung dari salah satu ahli budaya Jawa di Surakarta.

Pada akhir kegiatan, para peserta menyatakan apresiasi atas inisiatif mengadakan kegiatan kuliah luar kampus ini. 

Mereka berharap agar kegiatan semacam ini terus diadakan di masa mendatang, sehingga mahasiswa dapat terus mendapatkan pengalaman belajar yang berharga di luar ruang kelas dan lebih memahami kekayaan budaya Indonesia.

"Kegiatan kuliah luar kampus ini bukan hanya sekadar sebuah acara, melainkan suatu pengalaman belajar yang menginspirasi dan mendalam. Yang ke depannya akan membantu para peserta mengapresiasi dan memahami lebih baik lagi keberagaman budaya Indonesia, serta memperkaya pengetahuan mereka di bidang desain komunikasi visual," terang Ipung Kurniawan Yunianto selaku salah satu dosen pengampu. // Bang 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close