POPULER

Trabas Kamtibmas di Alas Bromo, Membangun Kondusifitas di Tengah Upaya Pengembangan Wisata

Trabas Kamtibmas di Alas Bromo, Membangun Kondusifitas di Tengah Upaya Pengembangan Wisata

WARTAJOGLO, Karanganyar - Polda Jawa Tengah menggelar acara Trabas Kamtibmas di Alas Bromo, kawasan Desa Sewurejo, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, pada Minggu 12 Mei 2024.

Selain sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata di Kabupaten Karanganyar, acara ini merupakan bagian dari upaya menciptakan situasi yang kondusif jelang Pilkada November 2024 mendatang.

Dalam sambutannya, Kapolres Karanganyar AKBP Jerrold HY Kumontoy menyampaikan bahwa situasi Kamtibmas saat ini sudah kondusif, namun perlu terus dijaga. 

"Dengan momen penting Pilkada 2024 yang akan datang, menjaga kondusifitas adalah tanggung jawab bersama bagi seluruh masyarakat. Kehadiran Trabas Kamtibmas tidak hanya sebagai hiburan, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat solidaritas dan kebersamaan dalam menjaga keamanan dan ketertiban bersama," ujar Kapolres mewakili Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Ratusan penggemar motocross dari berbagai komunitas di Karanganyar turut berpartisipasi dalam acara ini, memberikan warna dan semangat yang luar biasa. 

Sambil mengenakan kostum rider, Kapolres Karanganyar melakukan pemotongan tumpeng

Selain menyajikan aksi-aksi atraktif para penggemar motocross, Trabas Kamtibmas juga diisii dengan beragam kegiatan positif bagi masyarakat sekitar.

Salah satu kegiatan yang menonjol adalah pemeriksaan kesehatan gratis, yang memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk memeriksakan kondisi kesehatan mereka. 

Kegiatan yang lain adalah penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. 

Tindakan ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi ekosistem lokal, tetapi juga memperkuat kesadaran akan pentingnya menjaga alam bagi generasi mendatang.

Bahkan upaya menjaga lingkungan juga ditekankan Kapolres dalam sambutannya. 

"Saya berpesan agar seluruh peserta senantiasa menjaga kawasan ini dengan tidak merusak ataupun membuang sampah sembarangan. Ini adalah hutan yang menjadi penyumbang udara bersih di sekitar kita," ujar Jerrold. 

Tidak ketinggalan, pembagian paket sembako juga menjadi bagian dari agenda Trabas Kamtibmas ini. 

Langkah ini menunjukkan bahwa kegiatan tersebut tidak hanya bertujuan untuk hiburan semata, tetapi juga memberikan manfaat konkret bagi masyarakat yang membutuhkan.

Pembukaan acara dilakukan secara simbolis oleh kapolres dengan prosesi pemotongan tumpeng di garis start. 

Menariknya, Jerrold melakukan pemotongan tumpeng sambil mengenakan kostum rider. 

Usai memotong tumpeng, kapolres lantas ikut berbaur dengan para rider guna menguji adrenalin menyusuri medan terjal Alas Bromo. 

Dengan sebuah motor warna kombinasi hijau dan biru, Jerrold tampak berada di garis terdepan memimpin para ratusan rider, menembus lebatnya salah satu hutan wisata di Karanganyar tersebut. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close