TfG6TUW8BUO7GSd6TpMoTSd7GA==
,, |

Breaking News

Gelar Visiting Professor, UTP Hadirkan Prof. Ir. Herry S Utomo, MS., Ph.D dari USA

WARTAJOGLO, Solo - Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta pada hari Selasa (18/06/2024) menerima kunjungan dari Prof. Ir. Herry S Utomo, MS., Ph.D selaku President of Indonesian American Society of Academics dengan tema Visiting Professor on SMEs Economic, Development, Agriculture, Food Production, and Sustainable Development Goals (SDGs). 

Prof. Herry merupakan pakar pertanian ternama dari Universitas Lousiana di Amerika Serikat yang menemukan varietas padi dengan kandungan protein tinggi pertama di dunia. 

Ini merupakan kedua kalinya Prof. Herry mengunjungi UTP dalam gelaran visiting professor.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara UTP dengan Indonesian American Society of Academics

Acara Visiting Professor ini diadakan di ruang sidang kampus 1 UTP. 

Dibuka oleh Wakil Rektor 1, Dr. Ir. Suswadi, M.Si lalu dilanjutkan diskusi dengan jajaran rektorat UTP,  dekan di masing-masing fakultas, Kaprodi Akuntansi, Kaprodi Agroteknologi dan Kaprodi Agribisnis. 

Dihadiri juga Ketua LPPM UTP, Ketua Inovasi, Kerja sama dan kewirausahaan (IKK) serta kepala bagian kerja sama. 

Setelah acara diskusi lalu penandatanganan MoU, MoA dan IA dan dilanjutkan kuliah umum bersama mahasiswa Akuntansi, Agroteknologi dan Agribisnis.  

Prof. Herry memiliki pengalaman luas di bidang pertanian berkelanjutan, pengelolaan tanaman, dan teknologi pertanian. 

Banyaknya publikasi dan proyek penelitian, Prof Herry membawa banyak pengetahuan yang akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen di UTP. 

Kuliah umum yang disampaikan di hadapan mahasiswa pun, membagikan wawasan terbaru mengenai keterkaitan antara sektor pertanian dan dinamika ekonomi global, serta tren dan teknologi terkini yang banyak digunakan oleh dunia pendidikan baik dosen maupun mahasiswa. 

Berfokus pada aplikasi praktis dan studi kasus dunia nyata, salah satu aplikasi teknologi mutakhir yang disinggung oleh Prof. Herry yang banyak bermunculan di era 5.0 ini seperti ChatGPT. 

“Forum ini memfasilitasi pertukaran ide dan mendorong kolaborasi antara profesional di bidang pertanian dan bidang akuntansi. Karena bidang saya pertanian, maka saya banyak bercerita tentang benefit pertanian lokal untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang di sektor pertanian yang saya kaitkan dengan ilmu ekonomi khususnya akuntansi," ungkap Prof. Herry.

Prof. Herry juga menyampaikan terkait ChatGPT, di mana sebagai manusia harus pintar-pintar memanfaatkan teknologi tersebut, bukan malah ketergantungan. 

Berbagai topik yang saya sampaikan terlihat mahasiswa cukup antusias saat sesi diskusi atau tanya jawab.

Dr. Suswadi juga menyampaikan bahwa kunjungan Prof. Herry adalah bagian dari komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan peluang pendidikan dan penelitian di bidang pertanian maupun ekonomi. 

“Kami sangat senang menyambut Prof. Herry di kampus kami, apa yang disampaikan saat diskusi juga sangat menarik. Dekan maupun kaprodi dilibatkan langsung apa yang mereka butuhkan sekiranya bisa dikolaborasikan. Mengingat hari ini dilaksanakan juga penandatanganan MoU sebagai payung induk kerja sama, ” kata Dr. Suswadi 

Menambahkan apa yang disampaikan oleh Dr. Suswadi bahwa kunjungan Prof. Herry merupakan kesempatan unik bagi UTP untuk belajar dari salah satu pemikir terkemuka di bidang pertanian dan ekonomi untuk memajukan praktik melalui pengetahuan dan pengalaman yang dibawa oleh Prof. Herry. 

“Dengan menghadirkan pakar global ke UTP, kami bertujuan untuk memberikan mahasiswa dan dosen akses terhadap pengetahuan dan praktik terkini, mendorong inovasi dan keunggulan di bidang pertanian dan akuntansi,” imbuhnya. 

Melalui kolaborasi internasional ini, UTP berharap dapat memberikan akses kepada mahasiswa dan dosen agar melek terhadap pengetahuan dan praktik terbaik yang ada di dunia. 

Teknologi yang diciptakan semakin massive untuk bidang pertanian maupun aplikasi yang digunakan pakar akuntansi. 

"Kita tentu dihadapkan dengan keadaan bahwa kita sebagai pendidik mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman. Semoga dengan kuliah umum dan diskusi dengan Prof. Herry, UTP siap melaju untuk  Go nternasional," tandasnya. //Hum

Type above and press Enter to search.