POPULER

Perbaiki Kerusakan Alam, Polres Wonogiri Lakukan Penghijauan

Perbaiki Kerusakan Alam, Polres Wonogiri Lakukan Penghijauan



Ribuan bibit pohon ditanam Polres Wonogiri, untuk memulihkan kerusakan lingkungan yang bisa memicu bencana alam


WARTAJOGLO, Wonogiri - Beragam bencana alam yang terjadi beberapa waktu belakangan ini, menunjukkan ada sesuatu yang bermasalah dengan alam di sekitar kita. Salah satunya tentu karena banyaknya kerusakan lingkungan, yang disebabkan oleh ulah tangan-tangan tak bertanggung jawab. Karena itulah berbagai pihak pun tergugah untuk ikut memperbaiki lingkungan yang ada, dengan melakukan upaya penghijauan. Salah satunya dari institusi Polri.

Dengan mengusung tema 'Polri Peduli Penghijauan', seluruh jajaran kepolisian di seluruh wilayah Indonesia diharapkan berperan serta dalam upaya perbaikan kembali lingkungan, dengan penanaman pohon. Dan hal itu langsung ditindak lanjuti oleh Polres Wonogiri, dengan melakukan penanaman ribuan bibit tanaman di kawasan Waduk Gajah Mungkur, pada Rabu (8/1) pagi. 

Baca juga: 

Tampak hadir dalam acara tersebut Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekda Wonogiri Bambang Hariyadi, yang mewakili Bupati Wonogiri. Lalu ada juga Dandim 0728/ Wng Letkol Inf. Imron Masyhadi. Ada juga Kepala BPBD Wonogiri Drs. Bambang Haryanto, dan tentunya Kapolres Wonogiri AKBP Cristian Tobing. 

Kapolres Wonogiri membagikan bibit tanaman ke warga

Dalam sambutannya, Kapolres berharap bahwa kegiatan tersebut bisa membawa manfaat bagi banyak orang. Sebab saat kelestarian lingkungan terjaga, maka tidak akan ada lagi masalah yang dihadapi, terutama menyangkut bencana alam.

“Dengan penanaman pohon banyak manfaat yang didapat. Di antaranya mencegah banjir dan tanah longsor. Lalu dapat dipastikan bahwa udara menjadi bersih sehat dan segar. Sumber mata air juga akan bermunculan di mana-mana. Sehingga di musim kemarau kita tidak akan khawatir air bersih dan segala bencana dapat kita cegah termasuk peningkatan suhu bumi yang terus naik karena rusaknya ozon,” ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan itu, Kapolres menyerahkan ribuan batang pohon berbagai jenis kepada masyarakat, untuk ditanam di sekitar tempat tinggal mereka. Terutama di kawasan lahan kritis. Agar bisa meningkatkan produktifitas lahan tersebut.

"Saya berharap seluruh masyarakat mendukung program penghijauan ini, dengan tidak hanya bisa menanam, namun lebih dari itu juga pandai merawat dan menjaganya. Selain itu saya menyadari bahwa bibit yang saya bagikan ini jauh dari cukup, mengingat lahan kritis yang ditanami amat luas. Untuk itu saya menggugah kesadaran dan partisipasi semua pihak juga masyarakat pada umumnya untuk berupaya mencari bibit dan menanamnya sebanyak mungkin.  Agar apa yang menjadi cita-cita kita bersama menjadikan bumi nyaman dapat tercapai,” lanjutnya.

Senada dengan Kapolres, Bupati Wonogiri yang diwakili oleh Asisten Perekonomiam dan Administrsi Pembangunan Sekda Wonogiri Bambang Hariyadi, juga berharap agar kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kelestarian lingkungan hidup. Serta memberikan nilai tambah secara ekonomis.

“Kabupaten Wonogiri selama ini dikenal sebagai wilayah yang rentan bahaya kekeringan di musim kemarau, dan rawan banjir dan tanah longsor pada saat musim penghujan. Harus ada langkah nyata dalam menjaga dan memelihara lingkungan, agar menjadi nyaman. Dan salah satunya dengan menjaga lingkungan melalui program penghijauan,” ujarnya. //sik

Iklan Atas Artikel


 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel