POPULER

Promosikan Lagu Jawa ke Amerika, Vebrie Verona Minta Restu Istri Didi Kempot

Promosikan Lagu Jawa ke Amerika, Vebrie Verona Minta Restu Istri Didi Kempot


Sebagai duta dangdut, Vebrie Verona juga didapuk menyanyikan lagu-lagu Jawa karya Didi Kempot, berkeliling sembilan kota di Amerika Serikat

WARTAJOGLO, Solo - Terpilih sebagai duta untuk memperkenalkan musik dangdut di Amerika Serikat, tentu menjadi berkah tersendiri bagi Vebrie Verona. Namun demikian hal ini juga menjadi sebuah tantangan berat bagi artis kelahiran Jakarta 11 Februari 1995 ini. Pasalnya selama ini dia lebih dikenal sebagai penyanyi pop. 

Vebrie sendiri mengaku tak pernah menyangka kalau dirinya yang akan terpilih. Namun dari pihak NSR Management sebagai penyelenggara acara Dangdut In America, sepertinya memiliki pertimbangan tersendiri, hingga menjatuhkan pilihan pada Vebrie. 

"Ya mungkin mereka menilai dari portofolio yang aku kirim. Di mana selama ini penampilanku selalu Indonesia banget. Sehingga kemudian aku dianggap bisa mewakili Indonesia, termasuk membawakan lagu dangdut," jelas Vebrie saat ditemui di kediaman istri almarhum Didi Kempot, Yan Velia pada Rabu (10/6) siang. 

Dengan terpilihnya sebagai duta dangdut itu, Vebrie akan menjalani kontrak selama beberapa waktu. Untuk membawakan lagu dangdut berkeliling 9 kota di Amerika. 

Saat ini Vebrie sudah memiliki satu single berbahasa Jawa berjudul 'Pangeling-Eling', Lagu ciptaan Bhimo Murti ini nantinya juga akan dibawakan bersama beberapa lagu hits milik almarhum Didi Kempot. Sebagai sebuah tribute untuk Sang Maestro yang namanya sudah mendunia. 

Vebrie Verona (kiri) saat berbincang dengan Yan Velia istri almarhum Didi Kempot 
Didapuk untuk menyanyikan lagu-lagu Didi Kempot, mendorong Vebrie berinisiatif minta ijin dan restu kepada pihak keluarga Sang Maestro. Karena itulah dia  menyempatkan datang jauh-jauh dari Jakarta ke Solo untuk menemui Yan Velia. Selain untuk memohon restu, Vebrie juga ingin mendapat saran dan masukan dari Yan Velia yang selama ini dikenal sebagai seorang penyanyi dangdut. Agar penampilan dan kemampuannya benar-benar sempurna. 

BACA JUGA:

Didi Kempot dan Konsistensi Sang Legenda Penjaga Budaya Jawa

"Menyanyikan lagu dangdut itu tidak mudah. Apalagi dangdut Jawa seperti lagu-lagu Om Didi Kempot. Makanya aku datang ke sini selain mohon izin dan restu dari Tante Yan. Juga untuk belajar. Karena aku ingin bisa membawakan lagu-lagu Om Didi Kempot dengan baik," lanjut Vebrie. 

BACA JUGA:

Launching Video Klip Pepujaning Ati. Staso 'Didi Kempot' Digadang Bakal Ikuti Jejak Sukses Sang Ayah 

Menerima kedatangan Vebrie, Yan Velia mengaku tidak mempermasalahkan saat lagu-lagu Didi Kempot dinyanyikan olehnya. Sebab baginya Vebrie adalah penyanyi pendatang baru yang perlu disupport. Apalagi dia ingin melestarikan budaya Jawa. 

"Jujur aja saya salut dengan dia (Vebrie). Karena meskipun bukan orang Jawa, tapi sangat antusias untuk belajar lagu-lagu Jawa. Intinya dari kami, untuk para penyanyi pendatang baru, tentu akan kami support sepenuhnya. Jadi tentunya kami mengijinkan, demi pelestarian budaya. Tapi untuk mereka yang sudah terkenal dan sudah bersifat komersil. Tentunya untuk bisa memakai lagu-lagu Mas Didi tidak bisa sembarangan. Karena justru nanti saya yang kena semprit dari lembaga-lembaga yang selama ini berkutat dengan hak cipta dari karya-karya Mas Didi Kempot," jelas Yan Velia. 

Vebrie pun sepertinya tak mau setengah-setengah dalam melangkah. Restu dari Yan Velia tentu memberi suntikan semangat untuknya, dalam memantapkan langkah menjadi duta dangdut di Amerika. Bahkan dia sempat menyanyikan bait awal lagu Pamer Bojo, di hadapan Yan Velia. Yang langsung dikritik oleh istri Didi Kempot itu, karena nadanya terlalu ngepop. 

"Vebrie memang masih harus banyak belajar. Termasuk pemahaman bahasa Jawa. Karena kalau kita tidak tahu arti dari lagu yang kita bawakan. Maka kita tidak akan bisa menjiwai dalam membawakannya. Tapi tentu yang terpenting saat di luar negeri adalah bagaimana kita bisa menjaga dan membanggakan budaya bangsa kita," ucap ibu dua orang anak ini. 

Bagi Vebrie semua kritik dan saran dari Yan Velia tentu bisa jadi bekal untuk menyempurnakan kemampuannya. Karena itulah, demi menjalin hubungan yang lebih erat lagi dengan keluarga Didi Kempot, serta restu dari sang Maestro. 

Pemeran tokoh Rangda dalam Film Bisikan Gaib ini berencana ikut berziarah ke makam Didi Kempot di Ngawi Jawa Timur, pada Jumat (12/6) pagi. 

Vebrie akan berangkat bersama rombongan keluarga dari rumah Yan Velia di kawasan Kampung Sumber, Banjarsari, Kota Surakarta. Untuk selanjutnya akan ikut prosesi peringatan 40 hari meninggalnya Didi Kempot, pada malam harinya. //sik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel