POPULER

Para Guru di Solo Kembali Dibekali ToT Dalan Slamet. Apa Itu..?

Para Guru di Solo Kembali Dibekali ToT Dalan Slamet. Apa Itu..?

WARTAJOGLO, Solo - Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Surakarta kembali menyelenggarakan kegiatan Training of Trainer (ToT) Dolanan Lalu Lintas lan Sinau Keselamatan dan Ketertiban (Dalan Slamet). Kegiatan ini diberikan kepada para Guru Pendidik di beberapa Sekolah Dasar yang ada di Kota Surakarta. Dan tahun ini dimulai dari SD Pangudi Luhur Surakarta, Selasa (23/3/2021)

Kegiatan ToT ini merupakan lanjutan dari kegiatan Zona Selamat Sekolah (ZOSS) yang rutin disosialisasikan Dinas Perhubungan Surakarta kepada siswa TK sampai SMA. Yang rencananya akan menjadi kegiatan rutin bagi Dinas Perhubungan Kota Surakarta. Game Keselamatan Lalu Lintas (Dalan Slamet) adalah game yang dibuat dan dimodifikasi khusus untuk siswa sekolah dasar dengan terbagi beberapa level, level 1 untuk siswa SD kelas 1-3, dan level 2 untuk siswa SD kelas 4-6. 

ToT Dalan Slamet
Petugas Dishub sedang melaksanakan kegiatan ToT Dalan Slamet kepada para guru

Tujuan awal dari ToT Dinas Perhubungan Surakarta ini agar siswa tidak selalu bergantung dengan gadget. Karena seiring perkembangan teknologi, saat ini gadget sudah menjadi "teman hidup" baru karena anak bisa melakukan apa saja bahkan bermain dengan gadget. Hal ini berdampak buruk bagi perkembangan Fisik, motorik, verbal dan terutama kehidupan sosial anak milenial. 

ToT Dinas Perhubungan mengajarkan anak bagaimana cara berlalu lintas yang baik dan benar dengan cara yang berbeda dan bisa diterima anak dengan mudah. Dari menjodohkan kata dan gambar, puzzle dan yang paling menarik adalah explosion box. Explosion box adalah kotak yg didalamnya akan dirangkai anak-anak dalam satu kelompok yang terdiri dari jalan raya, halte, bangunan serta kendaraan bermotor beserta rambu-rambu apa saja yang harus dipasang.

Dan yang tak kalah menariknya adalah game quiz. Permainan ini berisi pertanyaan seputar lalu lintas. Cara bermainnya yaitu dengan siswa log in di smartphone dan menjawab semua pertanyaan yang tersedia. Dan ranking akan langsung keluar dari siapa yang paling cepat menjawab dengan benar. 

Untuk mendapatkan ToT Dalan Slamet dari Dinas Perhubungan ini, guru bisa mengajukan surat permohonan ke Dinas Perhubungan Kota Surakarta. //Ril

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close