POPULER

Hidupkan Kolam Segaran, Ini yang Dilakukan Komunitas WENG

Hidupkan Kolam Segaran, Ini yang Dilakukan Komunitas WENG

WARTAJOGLO, Solo - Berawal dari ketidaksengajaan Novia Eko Prasetyo yang sedang jalan-jalan di kawasan Kolam Segaran Taman Sriwedari, akhirnya terbersit ide untuk menggelar sebuah aksi sosial. Saat itu pria yang akrab disapa Koko Kopral ini mendapati para pemancing di Kolam Segaran yang resah. Sebab sudah berjam-jam menunggu, tak satupun ikan yang memakan mata kailnya.

Koko sendiri saat ini memimpin sebuah komunitas bernama WENG (Wayahe Eling Nang Gusti). Yang mana anggotanya terdiri dari para rekan sejawatnya yang memiliki kepedulian sosial tinggi. Sehingga secara berkala kelompok ini kerap menggelar kegiatan bhakti sosial dengan berbagi sumbangan. 

Kusumo bersama Koko menebar ikan ke Kolam Segaran
 Koko (kaos hitam) bersama Kusumo saat menebar ikan ke Kolam Segaran

Nah, kejadian di Kolam Segaran akhirnya memunculkan ide untuk melakukan sebuah aksi di kawasan itu, yakni menebar benih ikan. Tujuannya tentu agar kawasan Taman Sriwedari bisa kembali hidup, dan masyarakat di sekitarnya bisa menikmati manfaatnya. 

"Kapan hari saya sempat datang ke sini dan melihat beberapa pemancing itu yang sudah menunggu hingga 4 jam, tapi belum dapat ikan. Akhirnya saya pun terpikir untuk menebarkan bibit ikan, agar ketersediaan ikan di kolam ini bisa lebih banyak. Dan warga tidak harus menunggu lama untuk bisa mendapatkan ikan," ujar Koko di sela-sela kegiatan.

Gayung pun bersambut saat Koko menghubungi pembina Forum Komunitas Sriwedari (FOKSRI) Dr. BRM. Kusumo Putro, SH, MH. Hingga kemudian digagaslah sebuah agenda kegiatan sosial, yang dilaksanakan pada Sabtu (16/10) pagi di kawasan Kolam Segaran Sriwedari.

Dalam kegiatan itu para anggota komunitas WENG membagikan ratusan paket sembako kepada warga di sekitar Taman Sriwedari. Mereka juga memborong semua makanan yang dijual di warung-warung yang ada di kawasan tersebut, agar bisa dinikmati gratis oleh seluruh warga yang datang berkunjung.

Dan yang tak kalah menarik, mereka menebar ribuan bibit ikan berbagai jenis ke dalam Kolam Segaran. Bahkan untuk itu Koko bersama Kusumo sampai turun ke dalam kolam menggunakan sebuah rakit bambu.  

"Hari ini kita bersama para anggota komunitas sosial se Solo Raya menggelar acara bhakti sosial sebagai wujud kepedulian pada lingkungan. Selain tadi ada bagi-bagi paket sembako, kita juga melakukan tebar ribuan benih ikan di Kolam Segaran. Lalu juga ditambah dengan menebar ikan patin siap konsumsi, agar bisa dipancing oleh warga. Sebab kita semua ingin Sriwedari ini urip lan bisa nguripi (hidup dan bisa menghidupi)," lanjut Koko.

Sementara dari FOKSRI sendiri sebagai tuan rumah menyambut baik kegiatan yang digelar oleh WENG. Kusumo sebagai pembina pun menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih atas kepedulian sosial yang dilakukan para anggota WENG. 

"Sebagai pembina FOKSRI saya menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman dari WENG. Semoga yang dilakukan pada siang hari ini bisa membawa manfaat. Semoga WENG juga semakin berkembang dan semoga apa yang terjadi pada hari ini bisa menginspirasi pihak lain. Sehingga tergugah rasa kepeduliannya untuk senantiasa berbagi dengan sesama. Dadio wong sing migunani marang liyan," tandas Kusumo. 

Kusumo dan para anggota WENG pun menyempatkan diri untuk meninjau sekitar Kolam Segaran yang dipenuhi para pemancing. Sorak sorai pun terdengar saling bersahutan saat ada di antara para pemancing yang berhasil mendapatkan ikan-ikan besar hasil tebaran komunitas WENG. //Bang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel