POPULER

Diguyur Hujan Deras, Kawasan Gunung Sentir Boyolali Longsor

Diguyur Hujan Deras, Kawasan Gunung Sentir Boyolali Longsor

WARTAJOGLO, Boyolali - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Boyolali pada Rabu dan Kamis 1-2 Maret 2023 memicu terjadinya bencana longsor pada bahu jalan di utara Jembatan Grawah dan di daerah Gunung Sentir, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kasi Kedaruratan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Rima Kusuma Prasetyaningrum, dalam keterangannya menyampaikan, peristiwa longsor di Utara Jembatan Grawah tepatnya di jalur Solo - Selo - Borobudur (SSB) terjadi pada Kamis (2/3/2023).

"Kisaran kerusakan pada Jembatan Grawah meliputi bahu jalan, talud jembatan, pembatas jembatan dan saluran air bersih. Material talud jembatan longsor dengan kisaran kurang lebih panjang 20 meter, tinggi 25 meter, dan lebar 4 meter," ujarnya.

Petugas memantau kondisi kawasan yang terjadi longsor

Sedangkan longsor di daerah Gunung Sentir yakni di jalur Cepogo - Jeruk. Kejadian pada Rabu (1/3/2023). Material longsor menutupi sebagian bahu jalan.

"Di daerah Gunung Sentir, material longsor dari tebing pinggir jalan hingga menutupi sebagian bahu jalan dan hanya bisa di lewati kendaraan roda dua saja," kata dia.

Rima mengatakan, beruntung tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut. Upaya yang di lakukan, TRC BPBD merapat ke lokasi untuk assesment, berkoordinasi dengan Forkopimcam, Satlantas dan Bina Marga.

"Untuk sementara area pembatas Jembatan Grawah di pasang water barier dan police line. Kemudian dipasang rambu-rambu dan jalur sementara dialihkan terutama untuk Kendaraan roda empat," ujarnya.

Untuk penanganan di Jembatan Grawah, lanjut Rima, sudah dikoordinasikan dari Satlantas, Bina Marga, dan BPBD. Kemudian untuk tindak lanjut butuh koordinasi lebih lanjut. Sedangkan untuk penanganan longsor di Jalur Cepogo - Jeruk, Gunung Sentir, dari pihak desa meminta bantuan alat berat untuk proses pembersihan.

"Kebutuhan mendesak yakni perbaikan talud Jembatan Grawah agar tidak ada longsor susulan karena sebagian talud penguat jembatan longsor. Membutuhkan alat berat untuk pembersihan material longsor di jalur Cepogo - Jeruk, Gunung Sentir," ungkapnya. //Mul

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close